Kesalahan Kecil Yang Biasa Tidak Kita Sadari

Image
Institut Daarul Qur'an
Eduaksi | Tuesday, 11 Jan 2022, 16:48 WIB

Sholat merupakan rukun Islam yang ke dua, Sholat menjadi salah satu sarana komunikasi yang paling utama antara manusia dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tak salah lagi dan merupakan hal yang diketahui bersama Sholat memiliki keagungan yang tinggi dalam islam.

Ditambah Sholat merupakan hal pertama yang akan dihisab kelak di akhirat nanti. Rassulullah Sallallahu Alaihi Wassalllam bersabda : amal hamba yang pertama kali akan dihisab adalah sholat, jika sholatnya baik, dia sukses dan berhasil. Dan jika sholatnya rusak, dia sangatlah merugi (H.R Tirmidzi).

Banyak sekali umat muslim yang lalai dalam shalat, tanpa sengaja melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak diketahuinya. Mungkin bisa membuat amalan shalatnya tidak sempurna. Berikut dirangkum dari beberapa sumber, kekeliruan dalam sholat :

1. Tidak menggerakkan lisan ketika takbir dan membaca bacaan sholat lainnya

Biasanya seseorang hanya membaca bacaan sholat didalam hati sehingga dapat dilihat seakan-akan sholat hanya gerakan tanpa bacaan dan dzikir didalamnya.

2. Bersandar ke tembok atau tiang padahal tidak membutuhkan

Orang yang masih kuat untuk berdiri tidak boleh sholat sambil bersandar, kecuali seperti orang yang sudah tua, sakit dan tidak kuat berdiri lama.

3. Memandang ke langit, tidak ke tempat sujud

Terkadang kita secara tidak sengaja melihat ke kanan dan ke kiri atau ke langit hingga yang bisa menyebabkan hilangnya fokus dan menjadi lupa. Oleh karena itu kita dianjurkan ketika sholat selalu menundukkan pandangan dan mengarahkan ke tempat sujud.

4. Tidak tuma’ninah di dalam sholat

Tuma’ninah adalah diam sejenak setelah benar-benar ruku’, sujud, i’tidal ataupun duduk di antara dua sujud, minimal lamanya seukuran sekali ucapan tasbih. Tuma’ninah adalah rukun shalat, kalau seseorang meninggalkannya maka tidak sah shalatnya.

5. Tidak khusyu’ dalam sholat, melakukan gerakan dengan tergesa-gesa

Rasulullah ﷺ bersabda, “Sesungguhnya, seseorang beranjak setelah mengerjakan shalatnya dan tidak ditetapkan pahala untuknya kecuali hanya sepersepuluh untuk shalatnya, sepersembilan, seperdelapan, seperenam, seperlima, seperempat, sepertiga atau setengah darinya,” (HR. Abu Dawud).

Dilihat dari pentingnya amalan sholat dalam hari perhitungan, maka sudah sepantasnya kita memperbaiki sholat. Demikianlah beberapa kekeliruan yang sering dilakukan sebagian orang baik dalam shalat, semoga artikel ini bisa menjadi pengingat bagi kita kaum muslimin.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Doa Orang Tua Agar Anak Betah di Pondok Pesantren

Image

Joji Glimpse Of Us X Pluto Project MP3 Download Free!

Image

Simpan dan Unduh Lagu MP3 Favorit YouTube di MP3Juice Biru Baru 2022

Image

Asirum Diperpanjang, Kabapas Lahat Langsung Perintahkan Percepat Litmas

Image

Strategi Pemantapan Sistem Manajemen Standar Etika Organisasi Pemerintah

Image

Link Download Whatsapp Plus Apk Versi Terbaru 2022 yang Aman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image