Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UNISA Yogyakarta

Inilah 8 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah dengan Predikat Unggul

Info Terkini | Thursday, 18 Jan 2024, 08:51 WIB

Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) telah lama dikenal sebagai lembaga pendidikan yang memiliki kontribusi signifikan dalam pengembangan keilmuan dan sosial. Dalam upayanya menjaga mutu pendidikan tinggi, Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menekankan pentingnya keseimbangan antara peningkatan jumlah Perguruan Tinggi (PT) dan pengendalian mutu pendidikan.

Dilansir hasil laporan dari laman resmi BAN–PT dan universitas PTMA, Rabu, (17/1/2024) delapan Perguruan Tinggi Muhammadiyah `Aisyiyah (PTMA) yang berhasil meraih akreditasi Unggul. Pencapaian ini menjadi bukti nyata kontribusi PTMA dalam pengembangan ilmu dan peradaban di Indonesia.

Beberapa keunggulan yang berhasil diraih oleh PTMA dipicu oleh adanya sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Indikatornya mencakup jumlah guru besar, pangkat fungsional, dan jenjang pendidikan akademik dari staf pengajar atau dosen.

Berikut adalah delapan Perguruan Tinggi Muhammadiyah `Aisyiyah yang meraih akreditasi Unggul :

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY, yang didirikan pada 1 Maret 1981, telah meraih akreditasi Unggul pada tahun 2022. Komitmen terhadap keunggulan akademik dan nilai-nilai Islami menjadi landasan bagi prestasinya.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

UAD meraih status akreditasi Unggul berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT nomor 393/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023, berlaku mulai 30 Mei 2023 hingga 11 Oktober 2027.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Setelah meraih Akreditasi A pada tahun 2017, UMS meningkatkan akreditasinya menjadi Unggul pada tahun 2021, berlaku hingga 2026.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM telah mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2013 dan kembali meraih akreditasi Unggul pada tahun 2021, berlaku hingga 2027.

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka)

Uhamka, setelah meraih peringkat 22 universitas Islam terbaik dunia pada tahun 2022, mencapai posisi sebagai universitas Islam terbaik 1 di Indonesia dan 9 dunia pada tahun 2023.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Meraih akreditasi A pada tahun 2019 membuat UMSU menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Pulau Sumatera dengan peringkat akreditasi A.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

UMP meraih akreditasi B pada tahun 2020 dan melangkah lebih jauh dengan mencapai akreditasi Unggul pada 30 Agustus 2023.

Universitas `Aisyiyah Yogyakarta (UNISA)

Pada awal tahun 2024, UNISA Yogyakarta berhasil memperoleh akreditasi Unggul dari BAN-PT, menegaskan komitmennya dalam menjaga standar pendidikan tinggi yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Prestasi ini menjadi dorongan bagi PTMA untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan peradaban, sekaligus menjaga mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image