Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image RADITYA PUTRA ABYAN

Perjalanan Bitha dengan Misah Horornya

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 17 Jan 2024, 07:37 WIB

Judul buku: Spellbound

Penulis: Riesna Kurnia

Penerbit: Bentang Belia

Tahun Terbit: September 2016

Jumlah halaman: 168

ISBN: 978-602-1383-52-0

Spellbound adalah novel adaptasi pertamanya setelah menulis beberapa kumpulan cerita pendek: Solemate, Delapan sisi, dan Apa Ini Cinta?. Seperti kebanyakan anak generasi '90-an, Riesna tumbuh ditemani karya-karya Enid Blyton, R. L. Stine hingga peyo. Menulis menjadi hobinya sejak masih bersekolah dasar.

Bitha adalah seorang gadis paranormal yang mengaku bisa melihat hantu, dia selalu kesepian karena dia selalu di dekati mahkluk halus dan Bitha selalu membawa mahkluk halus itu kerumahnya makanya Bitha dijauhi teman-temannya, begitu pun juga dengan keluarganya, keluarganya juga ketakutan karena sering sekali diganggu oleh makhluk halus.

Sampai keluarganya pindah ke Korea saking takutnya dengan hantu, tetapi hidup Bitha terselamatkan oleh pesulap tampan yang menawarinya bekerja sebagai asisten. Dia adalah Jati, bersama Jati dan kru pertunjukan, Bitha mulai menemukan harapan hidup Bitha yang baru.

Novel ini bertema horor, komedi, dan romantis. Alurnya maju mundur (campuran) dikarenakan sering sekali flashback tentang keluarganya Bitha selalu di dekati mahkluk halus karena Bitha. Adapun tokoh-tokohnya beserta sifatnya seperti Bitha ia protagonis tapi ngeselin, lalu Jati ia protagonis juga tetapi penakut, dan lain sebagainya.

Latar tempatnya di panggung Magic Horor Show, rumah Bitha, rumah Jati, dan Surabaya. Latar waktunya 2016. Sudut pandang orang ketiga. Amanat yang disampaikan oleh novel ini adalah persahabatan tidak perlu saling mengerti karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti.

Kelebihan novel ini tidak gampang bosan dengan kisah horornya karena ada komedi dan romansa. Kekurangannya ada beberapa juga kejadian yang lucu tidak terasa pembaca karena penyampaian penulis yang kurang maksimal, akhirnya kejadian lucu tersebut tampak biasa saja.Novel ini direkomendasikan untuk kalangan remaja sampai dewasa apalagi yang pecinta novel horor komedi dan romansa.

Ulasan ini dibuat oleh Raditya Putra Abyan kelas VIII-H SMPN 5 Karawang Barat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image