Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Balasan Bagi Mereka yang Senang Menolong dalam Al-Quran

Agama | Tuesday, 16 Jan 2024, 12:14 WIB
sumber gambar: freepik.com

Islam secara penuh mendorong umatnya untuk senang menolong dan memberi pertolongan kepada sesama. Al-Quran sebagai pedoman sekaligus petunjuk utama bagi umat Islam menyebutkan berbagai balasan, pahala serta kemuliaan bagi mereka yang senang menolong sesama.

Berikut adalah lima balasan yang dijanjikan Allah SWT bagi orang yang senang menolong, yaitu:

1. Dicintai dan Mendapat Pahala dari Allah SWT

Allah SWT secara tegas menjanjikan pahala bagi mereka yang senang menolong sesama, baik manusia, hewan ataupun tumbuhan. Dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah (2:195), Allah berfirman,

"Dan berbuat baiklah, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik."

Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang berbuat baik. Di samping itu, bagi hamba yang berbuat baik akan mendapat kebaikan yang tidak hanya terbatas pada urusan dunia, tetapi juga balasan terbaik di akhirat.

2. Dikumpulkan bersama orang-orang saleh

Dalam Surat An-Nisa ayat 69 menyebutkan bahwa Allah menjanjikan suatu kedudukan yang sangat mulia bagi orang-orang yang senang menolong, tentunya golongan orang yang senang menolong tentu taat dan patuh pada Allah dan Rasul-Nya.

"Barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada', dan shalihin. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya."

Dengan taat kepada Allah dan Rasul, serta senantiasa gemar menolong maka akan peroleh kesempatan untuk bersama para nabi dan orang-orang yang dicintai oleh Allah SWT.

3. Mendapatkan Rahmat Allah

Surat Al-A’raf ayat 56 menyebutkan bahwa setiap kebaikan yang diperbuat, termasuk menolong sesama, akan mendatangkan rahmat dari Allah.

"Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.."

Dengan menolong, seseorang bukan hanya mendapatkan balasan di dunia, tetapi juga dekat kepada rahmat Allah Ta’ala.

4. Diberi Rezeki yang Lebih Luas dan Berlimpah

Di dalam Al-Quran disebutkan bahwa kebaikan yang dilakukan, termasuk menolong sesama berupa menafkahkan harta di jalan Allah SWT, maka akan mendapatkan rezeki yang lebih luas dan berlimpah. Dalam Surat Al-Baqarah ayat 261, Allah berfirman, "Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada setiap bulirnya seratus biji. Demikianlah Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnianya) lagi Maha Mengetahui."

Dengan menolong sesama, seseorang dijanjikan rezeki yang berlipat ganda dan melimpah dari Allah.

Perbuatan baik seperti menolong sesama merupakan perbuatan mulia yang dianjurkan dalam Islam. Sebagai kemuliaannya, mereka yang berbuat baik akan mendapatkan balasan terbaik pula dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Quran. Dengan mengetahui nilai-nilai ini, semoga menjadi motivasi besar bagi umat Islam untuk selalu berbuat baik dan membawa misi kebaikan kepada saudara-saudara di sekitarnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image