Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dr. Abu Fayadh Muhammad Faisal, M.Pd

Ngaji/Taklim Itu Menyatukan

Info Terkini | Tuesday, 16 Jan 2024, 09:34 WIB
Ngaji/Taklim itu Menyatukan dan ISLAM Itu Bersaudara jangan berbeda karena masalah Furu'iyyah dan Ikhtilafiyyah, Indahnya Bersaudara sesama Muslim

*NGAJI/TAKLIM ITU MENYATUKAN*

__________________________

...

Sejatinya mengkaji Islam itu memberikan pengertian, pemahaman, yang dari situ muncul kebijaksanaan, kearifan dalam menyikapi sesuatu. Karena permusuhan itu dihembuskan syaithan lewat kebodohan, yang jadi jalan bagi kecurigaan, mudah untuk diadu dan difitnah satu sama lain.

Takkan terjadi itu pada mereka yang sudah menjadikan ALLOH ﷻ sebagai satu-satunya tujuan, pada mereka yang mencinta Nabi Muhammad. Sebab mengkaji Islam itu memberi tahu kita sejatinya hidup dan juga mati, termasuk didalamnya bahwa tiap yang bersyahadat itu saudara.

Tidak hanya saudara dunia tapi juga akhirat, yang mampu mengangkat kita ke surga, yang mampu membela kita di hadapan Alloh di akhirat. Namun bila mengkaji Islam itu malah membuat Anda lebih mudah untuk menyalahkan, jelas-jelas ada yang salah dengan diri anda.

Benar dan salah itu memang tak pernah berubah, dan tetap harus disampaikan, namun cara untuk menyampaikan itu bisa dipilih. Akhlak itu bagian syariat, mampu lembut walau berbeda pendapat, tetap sayang walau tak sama, ini justru yang saya dapat dari ngaji.

.

Bukankah kita dicontohkan untuk berlaku mulia pada yang kafir sekalipun? Mengapa saudara kita tak berhak atasnya barang sedikit?

.

Adab itu mendahului ilmu, tanpa adab ilmu akan ditolak, apalagi tak berilmu dan tak beradab, apalagi yang dicari? Hanya jadi kesalahan bertumpuk.

.

Mengkaji Islam itu membuatmu lebih menyayangi manusia, saudara seiman juga keluarga. Bila tidak begitu, carilah dan coba kajian yang lain.

*****

*Kumpulan Nasehat Islami Pagi*

*???? NASEHAT/TADKIROH SINGKAT PAGI Ini:*

"Saudaraku MUSLIM Waspadalah terhadap Ruwaibidhah"

Bener kata Rasululloh ﷺ saat ini banyak Penyesat Umat/Rakyatnya...

*Ruwaibidhah* adalah seseorang yang Dungu/Bodoh, tapi dipercaya dan sibuk mengurusi urusan Publik. (HR. Ibnu Majah dari Abi Hurairah). Bahkan salam Hadist lainnya, Rasululloh ﷺ bersabda: " Jika Urusan diserahkan bukan kepada Ahlinya, maka tunggulah Kehancuran itu". (HR. Bukhori-6015) ????

*****

???? *INSPIRASI PAGI*.

"Maka hikmah Alloh ﷻ *enggan* untuk menjadikan pemimpin kita pada zaman sekarang ini *seperti Mu'awiyah dan Umar bin Abdil Aziz*. Terlebih lagi pemimpin seperti Abu Bakr dan Umar.

Karena *pemimpin kita* itu *sesuai dengan keadaan kita*. Pemimpin kaum sebelum kita juga *sesuai* dengan keadaan mereka. Alloh ﷻ *tidak pernah* mendholimi *seorang pun*... (Al Imam Ibnul Qoyyim Qoyyim رحمه الله)????

???? *EMBUN PAGI*.

"Tidaklah Alloh ﷻ *memberikan kepemimpinan* pada seorang hamba lalu ia *mati* padahal ia *telah menipu*, melainkan ALLOH Ta’ala *mengharamkan* kepadanya *surga*" . (HR. Imam Ahmad)????

???? *HIKMAH PAGI*.

"Tidaklah seorang *pemimpin* kaum baik *sedikit atau banyak*, kemudian ia *tidak adil* kecuali Alloh ﷻ *akan melemparkan wajahnya ke neraka*". (HR. Imam Ahmad) ????

*****

????.*INSPIRASI PAGI*.

"Kalian harus *memerintahkan kebaikan dan mencegah kemungkaran*, atau bila tidak, maka Alloh ﷻ *akan menjadikan orang-orang jahat* diantaramu *menguasai dan mencengkeram kamu*; dan andaikata orang-orang baik diantaramu *berdo’a* untuk keselamatan, maka *do’a mereka tidak akan dikabulkan*”. (HR. At-Tirmidzi, No: 48)✍????

*****

???? *EMBUN PAGI*.

"Jihad yang *paling utama* ialah *mengatakan kebenaran* (berkata yang baik) di hadapan *penguasa yang dzalim*". (HR. Abu Dawud)????

*****

⭐ *HIKMAH PAGI*.

"Akan *senantiasa ada sekelompok dari umatku* yang membela (kebenaran) hingga *ketetapan* ALLOH ﷻ *datang kepada mereka* dan mereka dalam *keadaan menang*". (HR. Al- Bukhari no. 6767)????

Bekasi City, 16 Januari 2024,

Al-Faqir Ilalloh Azza wa Jalla,

*Al Ustadz Abu Fayadh Muhammad Faisal Al Jawy al-Bantani, M.Pd* حفظه اللّٰه تعالى (UAF)

Dari Seorang yang Semoga ALLOH ﷻ menjaganya.

(Pengurus ICMI/Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia ORDA Kota Bekasi dan DDII/Dewan Dakwah Islamiyyah Indonesia Kota Bekasi, Aktivis Pendidikan dan Kemanusiaan, Praktisi dan Pengamat PAUDNI/Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, Pengamat Media ISLAM, Aktivis Anti Pemurtadan dan Aliran Sesat, Domisili di Bekasi Raya Kota dan Kabupaten Bekasi/Babelan City).

Hasbunalloh Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Natsir

*Raih Amal Sholeh...!!!, Sebarkan informasi ini sebanyak mungkin, SYUKRON. Barokallohu fiikum*

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image