Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hendiartha Noor pratama ( IAIN PEKALONGAN )

5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar tetap sehat

Gaya Hidup | Tuesday, 11 Jan 2022, 14:22 WIB

Agar tubuh kita selalu sehat, ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, kualitas hidup yang sehat dapat terjaga.

Sebenarnya menerapkan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh bukanlah hal yang sulit. Hanya saja, Anda harus konsisten dalam melakukannya. Hal ini perlu dibiasakan, mulai dari hal kecil seperti istirahat dengan cukup dan olahraga secara teratur.

1. Konsumsi makanan- makanan yang sehat

untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari, termasuk makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Sebagai sumber protein, Anda dapat mengonsumsi daging tanpa lemak, susu, produk olahan susu, telur, aneka jenis ikan laut, dan ikan air tawar. Sementara untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, Anda dapat memperolehnya dari nasi merah, oat, quinoa, dan roti gandum.

Konsumsilah aneka jenis sayuran, seperti asparagus, brokoli, wortel, kembang kol, kale, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu, terong, aneka jenis kacang-kacangan, serta paprika.

2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri. Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.

3. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri itu sangat penting, karena beberapa alasan krusial kesehatan. Alasan yang paling utama, menjaga kebersihan diri itu jadi salah satu cara terbaik agar kondisi tubuh tetap sehat dan membantu mengurangi risiko penularan penyakit terhadap Anda dan keluarga. Sebab, banyak penyakit menular, ketika bakteri jahat menjangkit orang lain dengan cara kontak langsung (sentuhan kulit dengan orang yang sakit) atau kontak tidak langsung (menyentuh suatu benda yang dipegang oleh orang yang sakit).

4. Rutin Berolahraga

Tetap aktif dengan melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti jogging. Olahraga dengan teratur bisa membuat Anda bugar dan langsing.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

5. Hindari rokok dan alkohol

Merokok bukan hanya merusak paru-paru, namun juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh . Hal ini juga membuat Anda lebih berpotensi terkena kanker, penyakit jantung, dan penyakit serius lainnya. Bahkan perokok pasif pun berisiko mengalami bahaya yang sama. Di samping itu, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker dan penyakit hati. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image