Dimulai, Penerbangan Subsidi Angkutan Udara Perintis 2022 Masamba.

Image
Apron IDN
Info Terkini | Monday, 10 Jan 2022, 12:39 WIB

Penerbangan perdana subsidi angkutan udara perintis 2022 Korwil Masamba berlangsung Senin ( 10/1/2022) di Bandara Andi Jemma Masamba. Pada penerbangan perdana ini terbang pesawat kargo subsidi.

Penerbangan perdana angkutan udara perintis Korwil Masamba berlangsung Senin (10/1/2022) di Bandara Andi Jemma. ( Foto : @mg20official)

Masamba adalah Ibu Kota Kabupaten Luwu Utara yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1999. Kira-kira berjarak 430 Km ke arah utara kota Makassar Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Luwu Utara berada pada posisi jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara.

Sejumlah stakeholder hadir dalam seremonial penerbangan perdana tersebut. Di antaranya Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur dan Kepala Bandara Andi Jemma Ahmad Syaifuddin berada dalam acara itu.

Penerbangan perintis ini sebagai komitmen pemerintah melalui Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub guna mendukung transportasi udara di wilayah yang masih terisolasi angkutan daratnya, semisal karena letak geografis di pegunungan.

Penerbangan perintis di bawah koordinasi Bandara Andi Jemma mencakup beberapa wilayah yakni Masamba, Seko, Tana Toraja, Rampi, Palu dan Ampana. Ada enam bandara yang didarati penerbangan perintis tersebut. Bandara dimaksud adalah Bandara Andi Jemma ( Masamba -Luwu Utara), Bandara Seko ( Seko- Luwu Utara), Bandara Toraja ( Tana Toraja ), Bandara Rampi ( Rampi-Luwu Utara), Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie ( Palu ) dan Bandara Tanjung Api (Ampana).

Jadwal penerbangan perintis Korwil Masamba ( Sumber: Susi Air)

Lebih rinci dijelaskan Kabandara Andi Jemma, penerbangan Masamba – Seko PP dan Masamba - Rampi PP dilayani hari Senin-Jumat. Jadwal lainnya Seko - Tana Toraja PP dilayani hari Jumat. Kemudian Seko-Palu PP dilayani Senin dan Rabu. Adapun Palu-Ampana PP terbang pada Jumat.

Masyarakat menyambut baik dilanjutkan penerbangan perintis ke daerah terpencil. Setidaknya akan mendorong pergerakan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah itu. "Saya lebih mudah bepergian ke Massamba maupun kota lain," kata Yusran yang berdinas di Seko.

Inilah terminal Bandara Seko ( Foto: Dok. Otban V)

Mengutip laman Otban Wilayah V Makassar, bahwa Seko ini berawal dari lapangan terbang konstruksi perkerasan rumput.

Pada tahun 1997 pemerintah membangun Bandara Seko dengan perkerasan aspal kolakan oleh satuan kerja pengembangan Bandara Andi Jemma Masamba. Sejak tahun 1999 Seko diterbangi angkutan udara perintis dengan berbagai maskapai. Pada mulanya Dirgantara Air Service, lalu oleh PT. SMAC ( Sabang Merauke Air Charter ), Avia Star hingga Susi Air. (@apron.idn)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bloger

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sidang P20 Wujudkan Langkah Konkret Atasi Krisis Pangan dengan Pembangunan Berkelanjutan

Image

Tragedi Kanjuruhan Nestapa Sepak Bola Indonesia

Image

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Rangkaian Kegiatan Berikut

Image

Peserta Enrekang Cross Country Diprediksi Capai 1000 Goweser

Image

Peluang Ekonomi Mikro Menggunakan Bahan Yang Tidak Terpakai

Image

MENCARI GORESAN INDAH DI ATAS KANVAS KEKALAHAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image