Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Apron IDN

Dimulai, Penerbangan Subsidi Angkutan Udara Perintis 2022 Masamba.

Info Terkini | Monday, 10 Jan 2022, 12:39 WIB

Penerbangan perdana subsidi angkutan udara perintis 2022 Korwil Masamba berlangsung Senin ( 10/1/2022) di Bandara Andi Jemma Masamba. Pada penerbangan perdana ini terbang pesawat kargo subsidi.

Penerbangan perdana angkutan udara perintis Korwil Masamba berlangsung Senin (10/1/2022) di Bandara Andi Jemma. ( Foto : @mg20official)

Masamba adalah Ibu Kota Kabupaten Luwu Utara yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1999. Kira-kira berjarak 430 Km ke arah utara kota Makassar Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Luwu Utara berada pada posisi jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara.

Sejumlah stakeholder hadir dalam seremonial penerbangan perdana tersebut. Di antaranya Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur dan Kepala Bandara Andi Jemma Ahmad Syaifuddin berada dalam acara itu.

Penerbangan perintis ini sebagai komitmen pemerintah melalui Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub guna mendukung transportasi udara di wilayah yang masih terisolasi angkutan daratnya, semisal karena letak geografis di pegunungan.

Penerbangan perintis di bawah koordinasi Bandara Andi Jemma mencakup beberapa wilayah yakni Masamba, Seko, Tana Toraja, Rampi, Palu dan Ampana. Ada enam bandara yang didarati penerbangan perintis tersebut. Bandara dimaksud adalah Bandara Andi Jemma ( Masamba -Luwu Utara), Bandara Seko ( Seko- Luwu Utara), Bandara Toraja ( Tana Toraja ), Bandara Rampi ( Rampi-Luwu Utara), Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie ( Palu ) dan Bandara Tanjung Api (Ampana).

Jadwal penerbangan perintis Korwil Masamba ( Sumber: Susi Air)

Lebih rinci dijelaskan Kabandara Andi Jemma, penerbangan Masamba – Seko PP dan Masamba - Rampi PP dilayani hari Senin-Jumat. Jadwal lainnya Seko - Tana Toraja PP dilayani hari Jumat. Kemudian Seko-Palu PP dilayani Senin dan Rabu. Adapun Palu-Ampana PP terbang pada Jumat.

Masyarakat menyambut baik dilanjutkan penerbangan perintis ke daerah terpencil. Setidaknya akan mendorong pergerakan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah itu. "Saya lebih mudah bepergian ke Massamba maupun kota lain," kata Yusran yang berdinas di Seko.

Inilah terminal Bandara Seko ( Foto: Dok. Otban V)

Mengutip laman Otban Wilayah V Makassar, bahwa Seko ini berawal dari lapangan terbang konstruksi perkerasan rumput.

Pada tahun 1997 pemerintah membangun Bandara Seko dengan perkerasan aspal kolakan oleh satuan kerja pengembangan Bandara Andi Jemma Masamba. Sejak tahun 1999 Seko diterbangi angkutan udara perintis dengan berbagai maskapai. Pada mulanya Dirgantara Air Service, lalu oleh PT. SMAC ( Sabang Merauke Air Charter ), Avia Star hingga Susi Air. (@apron.idn)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image