Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Faizah

Pikiran Kembali Tenang Dengan Bercurhat

Curhat | Sunday, 09 Jan 2022, 18:48 WIB

Manusia pada dasarnya bisa sakit secara fisik maupun internal. Stres hingga depresi bisa datang kapan saja, terutama bila Anda sedang mengalami musibah atau masalah yang cukup berat.

Ada banyak cara untuk meringankan beban pikiran, mulai dari berdoa, menceritakan masalah kepada teman, hingga menemui psikolog atau psikiater untuk mendapat jalan keluar melalui bantuan profesional.Hal ini diartikan sebagai salah satu cara manusia alami untuk membagi apa yang menjadi pemikirannya. Berikut dampak positif dari curhat, antara lain :

Foto via : www.today.com

Mengurangi beban hidup

Manfaat pertama dari curhat adalah dapat mengurangi beban hidup. Saat kamu curhat atau menceritakan masalah atau beban hidup kamu kepada orang lain, seolah-olah sedang meluapkan & mengeluarkan segala macam emosi & kecemasan yang kamu alami. Dengan cara ini kamu setidaknya dapat mengurangi beban & tekanan yang terus menerus setiap saat. Sesuatu yang sering disimpan sendiri terlalu lama berdampak pada kesehatan mental. Beban di hati & Kepala akan diredam dengan bercurhat . Biasanya orang kepercayaan hanya ingin didengar, jadi menceritakan keseluruhan cerita akan meringankan beban, meskipun tidak jarang ada jalan. Pada dasarnya, curhat adalah cara termudah untuk menghilangkan beban hidup yang terjadi.

Foto via : Shutterstock

Sumber Kekuatan dan Dukungan

Selain itu, curhat juga bisa menjadi sumber kekuatan dan bentuk dukungan untuk masalah yang dihadapi. Meskipun mungkin saja orang yang mendengarkan cerita kamu tidak mengerti apa yang kamu katakan, setidaknya menceritakan sebuah cerita akan membuat kamu lega. Seseorang tidak selalu harus menanggapi dan menawarkan solusi untuk masalah yang kamu alami. Biasanya, pendengar akan merespons dengan kata-kata penyemangat. Kata-kata ini sudah cukup untuk menjadi sumber kekuatan dan bentuk dukungan bagi seseorang yang telah berbicara atau memberi tahu kamu. Dengan cara ini, seseorang yang curhat akan menemukan sehingga dapat mengatasi kesulitan yang dihadapinya.

Foto via : www.idntimes.com

Peningkatan Mood (Suasana Hati)

Manfaat lain dari curhat adalah dapat memperbaiki suasana hati yang sebelumnya. Ketika kamu melepaskan diri dari itu semua, kamu akan bercerita dan menyampaikan keluhan tentang kamu simpan untuk diri sendiri. Dengan semua ini, kamu akan dapat meredakan tekanan sehingga memiliki efek perbaikan pada suasana hati atau mood kamu. Jadi, jangan malu-malu, tapi jangan ragu untuk menceritakan kisah kamu, sehingga masalah kamu sedikit berkurang. setidaknya dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat menghadapi masalah dengan mood yang baik kembali.

Foto via : Pesona.co.id

Perasaan Menjadi Lebih Lega

Selanjutnya adalah dapat menikmati hati. Tentu saja, berbagai masalah terus terjadi tanpa mengenal waktu. Tak disangka, masalah hidup, cinta, dan beban kerja terkadang membuat kita stres. Oleh karena itu, curhat dapat membawa kelegaan dan membantu kamu merasa lebih nyaman.

Jangan sampai stres dan depresi karena masalah yang sedang kamu hadapi. Kamu da pat memperbaiki ini dengan berbicara dan memberi tahu orang lain untuk membantu menghilangkan stres kamu dan membuat kamu lebih gembira.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image