PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT INDONESIA DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Image
Mochamad Dwiky Reynaldi
Eduaksi | Saturday, 08 Jan 2022, 17:33 WIB

Kebudayaan Dan Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi

Perkembangan teknologi komunikasi Indonesia terutama yang berkaitan langsungdengan masyarakat dan organisasi pemuda, agama dan organisasi profesi, baik terkait layanan masyarakat maun perdagangan adalah sesuatu yang menarik. Menarik karena hal tersebut terus berlangsung, sehingga membentuk semacam wacana publik yang tak kunjung ada titik akhirnya. Sementara itu konsep kebudayaan sebagaimana yang dipahami adalah merupakan sistem ide atau sistem gagasan yang merupakan acuan bagi tingkah laku dalam kehidupan sosial satu masyarakat. Sejumlah nilai itu di antaranya adalah bertaqwa, harga diri, harmoni, tertib, tolong-menolong, musyawarah mufakat, kreativitas, kerja keras, rukun, kebersamaan, hormat dan lain sebagainya.

Semua ini adalah acuan yang mendasar, penting bernilai dan luhur, bagi kehidupan masyarakat. Sebuah nilai mungkin juga menjadi acuan dalam lebih dari satu lapangan hidup. Puncak-puncak dari kebudayaan daerah yang ada di seluruh Indonesia itulah yang menjadi bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia. Unsur-unsur puncak itu yang melahirkan tindakan dan hasil karya dalam masyarakat suku bangsa atau masyarakat daerah di Indonesia. Kalau ada pakar yang mengatakan bahwa kebudayaan bangsa atau kebudayaan nasional itu harus; khas, bermutu tinggi dapat dibanggakan, dan menyatukan bangsa ini.

Dari pandangan tersebut dapat disimpulkan pula bahwa kebudayaan Indonesia adalah gabungan dan atas perkawinan dari seluruh kebudayaan nasional, yang mengalami proses interaksi dalam waktu yang panjang sehingga membentuk kebudayaan baru. Dalam kontek ini kita juga dapat mengatakan bahwa kebudayaan Indonesia yang kemudian disebut sebagai kebudayaan nasional adalah merupakan bentuk dari poses akulturasi dari budaya-budaya yang di nusantara.

Hal tersebut dikuatkan lagi oleh pendapat Hall, yang menyimpulkan bahwa kebudayaan adalah hasil dari sebuah proses komunikasi anggota masyarakat yang berlangsung terus menerus. Disusul kemudian oleh para suksesor antara lain David Berlo, yang menulis The Process of Coimunication yang secara tegas menitik beratkan kajian kebudayaan dalam konteks komunikasi antar budaya. Pemahaman kebudayaan merupakan faktor yang menentukan bagi keberhasilan sebuah tindak komunikasi. Sejak saat itu, unsurunsur kebudayaan mulai dikaji sebagai variable yang signifikan dalam kajian komunikasi dan pengaruhnya.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi kegenerasi. Sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaanperbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Bangsa Indonesia harus mempersiapkan diri untuk pengaruh teknologi komunikasi terhadap seluruh aspek kebudayaan kehidupan bangsa.

Karena perkembangan teknologi saat ini begitu luar biasa terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi dan informasi. Teknologi yang ada diciptakan dengan tujuan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, baik pada saat manusia bekerja, beraktivitas, bahkan berkomunikasi. Hal positif dari teknologi komunikasi misalnya menandakan bahwa teknologi di Indonesia mulai berkembang dan meningkatkan produktivitas. Tetapi tidak berarti bahwa perkembangan teknologi komunikasi tidak menimbulkan persoalan atau dampak bagi kebudayaan. Teknologi dapat membentuk individu bagaimana cara berpikir, berperilaku dalam masyarakat dan teknologi tersebut akhirnya mengarahkan manusia untuk bergerak.

Teknologi komunikasi dapat mempengaruhi aspek sosial dan budaya suatu kelompok masyarakat seperti dunia maya (website). Jika seseorang sudah merasa terlalu asyik dengan teknologi seperti di dunia maya, biasanya akan menghabiskan waktu selama berjam-jam karena hanya berinteraksi dengan seorang teman atau kenalan. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang memberikan pengaruh tersendiri pada budaya di Indonesia.

Ketika teknologi semakin maju akan memunculkan masalah terhadap kebudayaankebudayaan daerah yang ada di bangsa ini. Kebudayaan daerah akan semakin mengikis sebab masyarakatnya itu sendiri yang melupakan atau tidak mengembangkan budaya yang ada.

Pengaruh lain dari perkembangan teknologi yang cukup pesat ini dikhawatirkan berdampak buruk terhadap perilaku kehidupan bermasyarakat. Hal ini dikarenakan, perubahan cepat dalam teknologi informasi telah merubah budaya sebagian besar masyarakat Indonesia, kemajuan teknologi secara sadar ataupun tidak telah banyak mengubah pola kehidupan masyarakat. Perubahan dan perkembangan teknologi komunikasi memiliki beberapa dampak terhadap kehidupan masyarakat, baik dampak positif atau dampak negatif.

Kehadiran dan berkembangnya teknologi komunikasi memudahkan akses belajar dan mendekatkan dengan sumber-sumber informasi, tetapi perkembangan teknologi komunikasi juga memiliki dampak negatif yang mempunyai ruang luas mendekatkan seseorang dengan sumber-sumber yang justru berdampak kurang baik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri OPini Peran strategis staf ahli Menteri

Image

Wujudkan Pelayanan Prima, Rutan Pasangkayu Sudah Memilki Petugas Dokter Poliklinik

Image

Bukti Komitmen, Uhamka Miliki Profesor Pertama dalam Bidang Pendidikan Ekonomi

Image

Perkenalankku Bersama Republika

Image

MP3 Juice, Situs Download Lagu Terlengkap Gratis 2022

Image

Simak! 5 Cara Mendapatkan Tambahan Penghasilan di Rumah Dari Internet

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image