Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rahma Tiara Putri

Upaya Penanggulangan Banjir Ibu Kota Jakarta

Info Terkini | Saturday, 08 Jan 2022, 12:50 WIB
Ilustrasi.foto: pixabay

Banjir di Ibukota sudah menjadi hal yang lumrah. Terlebih lagi apabila saat musim hujan tiba. Banjir merupakan meluapnya air sungai yang disesabkan oleh hujan terus-menerus, sehingga air naik ke permukaan. Banjir juga dapat diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau melimpah dari bendungan sehingga air keluar dari sungai itu. Banjir juga dapat terjadi di sungai, ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di kelokan sungai. Banjir menimbulkan kerugian secara material dan non material. Selain mengganggu aktifitas warga Jakarta juga menimbulkan masalah kesehatan.

Banjir ini harus menjadi perhatian serius bagi seluruh pihak, baik masyarakat maupun pemerintah karena dampak yang ditimbulkannya sangat merugikan para korban. Para petani sependapat dengan Menteri Pertanian mengatakan bahwa adanya banjir ini sangat meresahkan masyarakat karena mengakibatkan gagal panen di berbagai daerah di Ibukota dan akan membuat terganggunya perekonomian masyarakat. Banjir ini juga akan berimbas pada naiknya harga kebutuhan pokok.

Penyebab utama banjir yaitu hujan deras terus-menerus dan juga sifat buruk warga Jakarta yang sering membuang sampah ke sungai. Hal ini akan membuat kotornya air sungai dan akhirnya air bisa meluap ke permukaan. Hutan gundul juga berpengaruh karena menjadi tidak adanya akar-akar yang dapat meresap air hujan. Penyebab yang lainnya adalah semakin sedikit lahan hijau dan resapan air yang mengakibatkan semakin bertambah parahnya banjir, karena telah banyak tergantikan oleh gedung pencakar langit di Jakarta.

Banjir menimbulkan kerugian yang banyak bagi masyarakat.Setelah terjadi banjir pasti akan timbul berbagai macam penyakit, seperti: gatal-gatal, kutu air, kurap dan jenis penyakit lainnya. Gagal panen juga termasuk akibat dari banjir, sehingga banyak orang yang menderita. Ada juga yang kehilangan harta benda bahkan juga nyawa karena terseret oleh derasnya arus banjir tersebut. Memang banjir ini sangat meresahkan masyarakat dan pastinya proses perekonomian di suatu daerah menjadi terganggu, seperti proses social dan ekonomi serta transportasi.

Dalam menanggulangi banjir Ibukota ini terdapat banyak cara yang dapat kita lakukan, bisa dimulai dari sekarang dengan membersihkan sungai dan jangan membuang sampah ke sungai. Dan diperbanyak lahan hijau yang dapat menyerap air hujan. Membuat Saluran Air atau Terowongan Air Bawah Tanah. Mendirikan Bangunan/Konstruksi Pencegah Banjir. Membersihkan dan Merawat Fasilitas Penyaluran Air. Menanam Pohon Berbatang Besar di Sekitar Rumah. Cara lain adalah dilakukannya reboisasi dan tebang pilih di hutan-hutan yang gundul. Itu semua dapat kita lakukan sebagai upaya mencegah terjadi nya banjir di Ibukota Jakarta. Oleh karena itu, mari kita rawat bumi dengan tetap menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image