Kebijakan Fiskal dan Tujuan untuk Pembangunan Negara

Image
Husnul Khotimah
Eduaksi | Saturday, 08 Jan 2022, 08:56 WIB
Oleh Husnul Khotimah, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lampung

Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang berasal dari pemerintah yang mempengaruhi perekonomian melalui perubahan dan penerimaan pemerintah.

Pemasukan yang terutama berasal dari pajak dan pengeluaran yaitu berupa anggaran yang dikeluarkan untuk mendukung program pemerintah.

Anggaran kebijakan fiskal yang dikeluarkan untuk membangun infrastruktur dalam negri seperti jalan, halte, terminal, stasiun, dan lain sebagainya.

Kebijakan fiskal terkait erat untuk mencapai tujuan tertentu antara lain melalui instrumen pajak, piutang, dan belanja pemerintah. Kebijakan fiskal merupakan instrumen stabilisasi pemerintah.

Tujuan Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal memiliki tujuan utama yaitu untuk menentukan arah, tujuan, sasaran, serta prioritas pembangunan nasional dan pertumbuhan ekonomi suatu negara dan bangsanya.

1. peningkatan negara PDB (pdb dan pdb per kapita)

Tujuan utama dari pemerintah merilis berbagai kebijakan fiskal yaitu untuk mengintervensi perekonomian sehingga dapat terdongkrak. Kebijakan fiskal akan mempengaruhi berbagai lini ekonomi, sehingga setiap kali pemerintah melakukan perubahan atau kebijakan fiskal maka diharapkan mampu menjadi stimulus berbagai sektor.

Sehingga pertumbuhan pendapatan negara semakin meningkat, sektor industri juga sektor ekonomi lainnya maka perekonomian suatu negara akan meningkat. Untuk mengukur tingkat perekonomian negara biasanya menggunakan perhitungan Produk Domestik Bruto (PDB) alias produk domestik bruto (PDB). Indonesia saat ini menjadi salah satu negara dengan PDB terbesar di Asia yaitu Rp 15.434 triliun tahun 2020.

2. peningkatan serapan tenaga kerja

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebijakan fiskal akan mempengaruhi kondisi perekonomian suatu negara.

Seiring berkembangnya ekonomi, sektor industri dan dunia usaha ikut berkembang maka pasar tenaga kerja juga akan ikut terdongkrak. Semakin tumbuh ekonomi di dalam negeri maka kebutuhan tenaga kerja dari sektor padat karya juga akan semakin banyak karena kebijakan fiskal juga akan mempengaruhi kondisi tenaga kerja.

Misalnya, kebijakan pemerintah untuk mendorong aliran investasi asing masuk ke Indonesia akan membantu pertumbuhan sektor industri semakin tinggi. Sektor industri tumbuh pesat, pabrik-pabrik baru dibangun sehingga perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak.

3. Menjaga harga

Pemerintah juga bisa melakukan intervensi terhadap perekonomian khususnya pada kondisi harga barang-barang di pasaran. Dalam inflasi terdapat tiga komponen, yaitu inflasi inti, inflasi harga bergejolak dan inflasi harga yang diatur pemerintah.

Perubahan pada harga-harga barang di pasaran yang dipengaruhi oleh perubahan permintaan dan penawaran disebut sebagai inflasi inti. Perubahan pada harga-harga barang karena dipengaruhi oleh musim misalnya harga cabai yang mahal pada bulan tertentu disebut karena musim kemarau atau penghujan musim inflasi harga bergejolak.

Tujuan Lain Kebijakan Fiskal

1. Kebijakan fiskal bertujuan untuk mencapai kestabilan kondisi ekonomi dari suatu negara secara nasional

2. Kebijakan fiskal bertujuan untuk dapat memacu pertumbuhan ekonomi suatu negara.

3. Kebijakan fiskal dapat membantu mendorong laju investasi.

4. Kebijakan fiskal memiliki tujuan untuk dapat membuka peluang kerja yang luas.

5. Kebijakan fiskal bertujuan untuk mewujudkan keadilan sosial yang ingin diraih oleh setiap negara.

6. Kebijakan fiskal juga bentuk dari pemerataan serta pendistribusian pendapatan.

7. Kebijakan fiskal dapat mengurangi dampak.

8. Kebijakan fiskal bertujuan untuk dapat menjaga atau menjaga kestabilan harga barang serta jasa, sehingga terhindar dari inflasi.

Tujuan yang ingin dicapai pemerintah melalui kebijakan fiskal untuk meningkatkan pendapatan nasional (PDB) dan pertumbuhan ekonomi atau memperbaiki keadaan ekonomi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Hukum Saham Dalam Islam

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Image

Kunjungi Rutan Jepara, Ustadz Abdurahman Berikan Tausiyah Kepada Ratusan WBP

Image

Gelar Yasinan Rutin, Kalapas Brebes : Intropeksi Diri Sarana Jadi Pribadi Baik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image