Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fatimah Azzahra

Manajemen Biaya dan Strategi Bisnis pada Perusahaan, Pentingkah?

Bisnis | Wednesday, 10 Jan 2024, 16:47 WIB

Fatimah Azzahra (Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Kata untung dan rugi tidak akan lepas dari dunia bisnis karena suatu bisnis dikatakan berhasil atau tidaknya dapat kita lihat dari untung dan ruginya. Bagaimana tidak ? laba atau keuntungan ini merupakan salah satu indikator keberhasilan dari suatu bisnis dalam perusahaan. Namun untuk memperoleh keuntungan juga tidak mudah tetap ada kata rugi yang kemungkinan akan terjadi pada bisnis dalam perusahaan tersebut. Maka dari itu, manajemen biaya dan strategi bisnis sangat penting untuk diterapkan.

Manajemen Biaya memeliki tiga point penting dalam kesuksesan bisnis suatu perusahaan seperti contohnya pada efisiensi operasional dimana manajemen biaya membantu dalam mengelola pengeluaran perusahaan agar lebih efisien hal ini melibatkan pengendalian biaya produksi, pengadaan bahan baku, manajemen inventaris, dan pengeluaran operasional lainnya. Selain itu, pada manajemen biaya juga hal yang penting dalam menentukan peningkatan profitabilitas dengan cara mengelola biaya dengan cermat, suatu perusahaan dapat meningkatkan margin keuntungan mereka dan pengurangan biaya yang tidak perlu atau pengalihan sumber daya ke area yang lebih produktif dapat meningkatkan profitabilitas. Point terakhir yaitu adanya daya saing perusahaan, daya saing perusahaan yang sering kali sangat kompetitif ini dapat membantu perusahaan untuk menetapkan harga yang kompetititf pula.

Setelah menerapkan manajemen biaya yang baik, suatu perusahaan harus menerapkan strategi bisnis karena ketika perusahaan tidak memiliki strategi, perusahaan akan mengalami gulung tikar. Dalam hal ini, strategi bisnis yang dapat diterapkan pada skala dasar adalah penetapan tujuan jangka Panjang dimana hal ini membantu perusahaan untuk menetapkan tujuan dan rencana tindakan untuk mencapainya seperti menetapkan visi misi perusahaan dan langkah-langkah yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain itu, adaptasi terhadap perubahan perlu dilakukan guna memungkinkan perusahaan mengantisipasi perubahan pasar dan lingkungan bisnis seperti perubahan tren pasar, perubahan teknologi, dan kondisi ekonomi. Tidak lupa pula inovasi pada perusahaan harus dilakukan karena hal ini dapat membuka peluang pertumbuhan baru dan membantu perusaan untuk tetap relevan di pasar yang terus mengalami perubahan.

Mengapa Manajemen biaya dan strategi ini berkaitan dan tidak dapat dipisahkan?

Manajemen biaya dan strategi bisnis tidak dapat dipisahkan keduanya saling terkait dan saling mendukung. Strategi bisnis yang baik membutuhkan pemahaman yang kuat tentang biaya operasional dan keuangan, sementara manajemen biaya yang efektif harus selaras dengan tujuan strategis perusahaan.

Dengan menggabungkan manajemen biaya yang cermat dengan strategi bisnis yang sesuai, perusahaan dapat mencapai keseimbangan yang tepat antara penghematan biaya yang penting dan investasi yang diperlukan untuk pertumbuhan jangka panjang. Ini membantu perusahaan untuk tetap kompetitif, adaptif, dan berkelanjutan di pasar yang dinamis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image