Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Debat Calon Presiden Jilid ke 3 : Serangan Bertubi tubi Anies Baswedan Kepada Prabowo

Politik | Tuesday, 09 Jan 2024, 20:41 WIB
Debat calon Presiden jilid ketiga berlangsung panas dan seru/Foto : Pos Kota

Source :

Debat ketiga Pilpres 2024 berlangsung sengit, terutama perdebatan antara calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan.

Dalam momentum tersebut, Anies kembali mengungkit soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan adanya pelanggaran etik pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

Anies bertanya kepada Prabowo tentang standar etika seorang presiden, terkait kontroversi pencalonan Gibran. Pertanyaan tersebut dijawab tegas oleh Prabowo karena menilai tindakan Anies terkesan menekan dan berupaya menyudutkannya.

“Pak Anies menanyakan bicara tentang Etika, maaf menurut saya pak Anies tidak pantas berbicara etika,” kata Prabowo.

Prabowo menegaskan, Anies sendiri tidak menerapkan prinsip etika dan tidak punya kewenangan untuk membahasnya. Menurutnya, Anies tidak pantas membahas persoalan moral.

"Kamu bohong, itu saja. Aku boleh berpendapat kan? Menurutku kamu tidak berhak bicara soal moralitas. “Karena Anda memberikan contoh yang buruk dalam hal etika,” tambah Prabowo.

Untuk topik utama debat yang bertema tentang Pertahanan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Sehubungan dengan informasi, KPU RI menyelenggarakan debat untuk mengumpulkan pendapat calon presiden Presiden dan Wakil Presiden terpilih berdasarkan visi dan misi kepemimpinannya tentang tema Pertahanan.

Debat calon presiden dan wakil presiden Pilpres 2024 berlangsung pada masa kampanye 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Debat pertama dan kedua dilaksanakan pada 12 dan 22 Desember 2023, sedangkan debat ketiga yang digelar hari Minggu 7 Januari 2024.

Debat calon Presiden jilid ketiga tersebut merupakan Langkah penting bagi public untuk menilai kapasitas calon presiden yang akan dipilihnya tanggal 14 februari 2023 mendatang. Debat capres dan cawapres seluruhnya berlangsung di Jakarta, dengan rincian tiga kali debat capres dan dua kali debat capres.

Dalam debat Presiden Jilid ketiga yang bertema tentang Pertahanan tersebut menurut public merupakan kompetensi Prabowo Subianto dikarenakan beliau Menteri Pertahanan serta mantan jendral TNI yang diharapkan menguasai materi tersebut. Tetapi dilapangan ternyata dibombardir oleh pasangan calon Presiden nomor urut 1 dan nomor urut 3.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa Debat Calon Presiden Jilid ketiga boleh melakukan kritikan kepada calon lawan, hanya saja jangan sampai substansi visi misi untuk memajukan bangsa negara Indonesia jadi hilang karena sibuk melakukan koreksi kelemahan.

“Melakukan kritikan atas kinerja dan serangan yang bertubi – tubi dengan data Ketika debat tdiak ada yang salah, hanya saja jangan sampai substansi penting tentang visi misi dalam memajukan bangsa Indonesia tentang materi Pertahanan jadi terkubur”, Ucap Prima mengomentari tentang debat Presiden Jilid ketiga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image