Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image anfa tisrin tantika

Mahasiswa Tetap Kreatif di Era Pandemi Covid-19

Eduaksi | Friday, 07 Jan 2022, 17:47 WIB

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, hampir semua kegiatan termasuk perkuliahan membuat sistem perkuliahan dan kegiatan menjadi terganggu. Bahkan aktivitas diluar perkuliahan pun terganggu. Semua aktivitas dilakukan secara daring atau jarak jauh.

Aktivitas yang dilakukan secara daring menjadi tidak maksimal karena memiliki banyak hambatan atau kendala yang dialami, maka dari itu teknologi menjadi hal yang paling diandalkan pada saat masa pandemi ini. Karena kecanggihannya, teknologi saat ini dapat digunakan dalam menjalani aktivitas di masa pandemi.

Teknologi dapat membantu pekerjaan di masa pandemi ini, ada beberapa manfaat teknologi pada saat pandemi ini khususnya gadget. Gadget dapat mempermudah kegiatan dan aktivitas manusia, apalagi dalam hal pertemuan yang dapat dilakukan walaupun secara tidak langsung dan dari jarak jauh. Selain itu, ada banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam melakukan kegiatan atau aktivitas manusia.

Nmaun, ada beberapa kendala dalam penggunaan teknologi saat ini seperti akses internet, akses teknologi, dan lain-lain. Akses internet sulit dijangkau karena tempat tinggal oranng yang berbeda-beda jangkauan. Selain itu, masih banyak orang yang belum mahir dan mengerti dalam penggunaan gadget, maka sulit untuk menggunakannya dalam menjalani kegiatan dan aktivitas sehari-hari, sarana dan prasarana pendukung yang terbatas. Sarana dan prasarana yang dimaksud adalah seperti komputer, laptop, dan infokus.

Pada masa pandemi ini bukan menjadi penghalang dalam perkuliahan khususnya mahasiwa yang masih dapat produktif. Kriteria mahasiswa yang produktif yaitu salah satunya adalah mahasiswa yang dapat mengatur membagi waktu nya dengan baik, mereka yang dapat mengisi waktu nya dengan hal-hal yang bermanfaat. Contoh hal yang bermanfaat bagi mahasiswa walaupun adanya keterbatasan adalah mengikuti seminar online atau webinar.

Kepanjangan webinar adalah web seminar atau kegiatan seminar yang dilakukan melalui web atau media online lainnya. Dalam arti lain, webinar adalah seminar yang dilakukan secara online. Hal ini dapat diikuti dalam mengisi produktivitas mahasiswa. Webinar merupakan acara yang dihadiri oleh beberapa peserta yang tidak saling mengenal satu sama lain. Maka dari itu kita dapat menemukan relasi baru dari kegiatan tersebut. Dalam mengikuti webinar juga kita akan mendapatkan informasi baru dan bermanfaat. Selain menjadi produktif, mengikuti kegiatan ini dapat mengasah kreativitas pola pikir kita karena pasti banyak informasi baru yang disampaikan.

Kreativitas merupakan aspek penting yang harus dimiliki seorang mahasiswa. Kreativitas atau disebut juga dengan istilah “daya cipta”, tidaklah lahir secara instan dalam diri seseorang, melainkan diperoleh dengan perjuangan yang panjang dan proses yang berliku. Seorang mahasiswa yang ber-jiwa kreatif harus mampu menumbuhkan motivasi di dalam dirinya (self motivation) dan memiliki ketahanan diri dalam menghadapi berbagai situasi, serta berusaha untuk meninggalkan zona nyaman demi melakukan suatu perubahan. Ada beberapa strategi dalam pengembangan kreativitas.

Pertama, dari aspek mental, seorang mahasiswa harus meyakini bahwa akan ada hikmah pada setiap kejadian atau peristiwa, tidak terkecuali pandemi ini. Masa-masa sulit seperti sekarang harus dipandang sebagai titik balik lahirnya inovasi-baru dari tangan mereka.

Kedua, menanamkan optimisme dalam diri. Hal ini berkaitan dengan kiat pertama, sebab ketika seorang mahasiswa telah terbiasa memandang sebuah masalah itu dari sisi yang positif, maka ia akan didapatkan adalah sebuah karya fikir yang positif, karena berpikir positif merupakan “pupuk” dari sebuah optimisme. Begitupula sebaliknya, jika seseorang terbiasa dengan berfikir negative maka yang akan didapat adalah sebuah pesimisme yang disadari atau tidak ini akan menganggu proses berfikir kreatif. Oleh karenanya seorang mahasiswa harus menanamkan optimism dalam dirinya agar menghasilkan sebuah karya-karya inovatif.

Ketiga, bersiap diri lahir menjadi orang hebat baru. Setelah meyakini akan ada hikmah positif dari sebuah peristiwa dengan diikuti rasa optimis, seorang mahasiswa harus bersiap menjadi orang hebat yang baru: mereka harus yakin bahwa kelulusan tidak pernah lahir tanpa adanya sebuah ujian, dan dia harus yakin akan mampu melewati ujian itu dengan baik. Karena dia tau keberhasilan sudah menunggu di depan mata.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa walaupun pada masa pandemi saat ini tidak menjadi penghalang mahasiswa dalam mengembangkan kreativitas, salah satunya yaitu dengan mengadakan webinar atau seminar online. Dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa tetap menjadikan hari-hari produktif. Karna walaupun tidak secara langsung, webinar dapat dilaksanakan secara daring melalui teknologi yang ada. Penting bagi kita menggunakan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai teknologi agar dapat lebih berkembang meskipun tak secara langsung.

Untuk kedepannya, disarankan pula sebaiknya lebih dapat belajar lebih dalam karena yang namanya belajar tidak hanya saat kuliah atau sekolah saja. Kita dapat belajar dalam hal apapun dan melalui apapun. Kita dapat lebih inisiatif lagi dan memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi agar kretivitas dalam diri dapat berkembang walaupun terhalang oleh jarak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image