Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sarah Ghamar Sahira

Gen Z untuk Revolusi Industri 4.0

Iptek | Monday, 08 Jan 2024, 18:49 WIB

Saat ini adalah era dimana gen z mulai berkarya dan mengembangkan potensi yang ada didalam diri mereka. Apalagi bisa dikatakan gen z adalah orang-orang yang melek terhadap perkembangan teknologi yang sudah terjadi di zaman yang serba canggih ini. Seiring berkembangnya waktu maka semakin berkembang pula teknologi-teknologi yang muncul untuk mempermudah kehidupan yang kita jalani.

Namun, apasih sebenernya gen z itu? Jadi, gen z lahir pada kisaran tahun 1997-2012, sedangkan generasi milenial lahir pada kisaran tahun 1981-1996 atau bisa dikatakan, generasi milenial merupakan orang tua dari para gen z.

Gambar : Kisaran tahun lahir dari generasi ke generasi. Sumber : kemdikbud.go.id

Seringnya generasi diatas gen z merasa kesal pada gen z yang mungkin sering kita jumpai banyak mengeluh dan terlalu mengumbar-umbar ke media sosial, nah teman-teman pasti sering menjumpai kan konten para gen z tentang mental kesehatan? konten-konten seperti itu yang sering kali membuat generasi diatas gen z muak dan sesak, karena mereka pikir gen z merupakan generasi yang "lebay" atau terlalu melebih-lebihkan suatu masalah.
Dibalik hal-hal yang dibenci generasi sebelumnya dari gen z, sebenarnya ada hal yang harus didukung dan dibimbing agar terciptanya gen z yang membawa perubahan kemajuan terutama pada era revolusi industri 4.0. Banyak potensi-potensi di dalam diri gen z yang akan diperlukan dimasa depan, salah satunya ditandai dengan kemunculan influencer social media dari gen z.

Dengan kecanggihan-kecanggihan yang muncul, menjadikan seorang gen z lebih berfikir secara kritis dan inovatif, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dengan menciptakan hal-hal baru yang lebih efisien waktu. Selain itu gen z bisa menghasilkan teknologi-teknologi baru yang juga lebih efisien waktu. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk perubahan negara yang lebih maju, terutama di era revolusi industri 4.0. Peran gen z akan sangat diperlukan dan dinantikan. Maka dari itu dukungan dari generasi sebelumnya juga sangat diperlukan untuk perkembangan gen z dalam melangkah maju menuju perubahan yang lebih baik.

Sebenernya nih teman-teman, gen z itu tumbuh di era dimana semua sudah serba canggih dan instan, yang mana mereka terbiasa bahwa untuk mendapatkan sesuatu bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan juga instan, sehingga mereka merasa enggan untuk bersusah payah dan selalu mencari jalan pintas untuk mendapatkan sesuatu tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image