Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syahrial, S.T

Waspadai! Cara Mendidik Anak yang Salah Justru Jadikan Fitnah Dunia

Agama | Monday, 08 Jan 2024, 17:51 WIB
Sumber foto: Beautynesia

Anak adalah anugerah terindah bagi setiap orang tua. Kehadirannya menjadi pelengkap kebahagiaan dalam rumah tangga. Tak heran jika kebanyakan orang tua rela mengorbankan apa saja demi anak-anak mereka.

Namun ternyata kehadiran anak juga bisa menjadi ujian bagi orang tua. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran surat Al-Anfal ayat 28 yang artinya, "Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan, dan Sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar."

Maksud dari ayat tersebut adalah bahwa anak bisa menjadi fitnah dunia bagi orang tua apabila dalam mendidiknya tidak dilandasi dengan iman dan takwa. Banyak orang tua yang terlena dalam mencurahkan kasih sayang kepada anak-anaknya, hingga melupakan pendidikan agama dan akhlak.

Akibatnya, sang anak tumbuh menjadi pribadi yang berperilaku buruk dan menyimpang. Hal ini tentu akan mendatangkan kesedihan bagi orang tua, bahkan murka Allah. Sebab orang tua telah lalai dalam mendidik anak dengan nilai-nilai ketakwaan.

Lantas bagaimana cara mendidik anak agar tidak menjadi fitnah dunia? Berikut beberapa tipsnya:

1. Tanamkan kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya sejak dini
Caranya dengan mengajarkan anak untuk selalu mengingat Allah dalam setiap aktivitasnya. Biasakan mereka melaksanakan shalat, puasa, dan ibadah lain sesuai usianya. Ceritakan kisah teladan Rasulullah dan para sahabat agar mereka mencintai sunnah Nabi.

2. Berikan teladan akhlak mulia
Anak belajar dari apa yang dilihat sehari-hari dari orang tuanya. Karena itu, tampilkan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari agar anak mencontohnya. Seperti berkata lemah lembut, saling menghargai antar anggota keluarga, dan menepati janji.

3. Pantau pergaulan dan aktivitas anak
Awasi pertemanan dan kegiatan anak di luar rumah agar terhindar dari pengaruh negatif. Beri pengertian untuk memilih teman yang shalih dan mengisi waktu luang dengan aktivitas bermanfaat seperti belajar dan olahraga.

4. Atur penggunaan gadget dan akses internet
Kontrol penggunaan gadget dan internet anak agar tidak mengakses konten-konten negatif yang bisa merusak moral. Batasi waktu bermain gadget dan beri pengawasan saat menggunakan internet.

5. Lakukan parenting dengan penuh kasih sayang
Meski menerapkan aturan dan disiplin, orang tua juga perlu menunjukkan kasih sayang yang tulus kepada anak-anak. Dengarkan keluh kesah mereka dan beri support agar merasa nyaman dan terbuka kepada orang tua.

6. Ajarkan tanggung jawab sesuai usia
Beri tugas dan kewajiban ringan yang harus ditunaikan anak setiap harinya. Hal ini akan melatih mereka untuk bertanggung jawab sejak dini sesuai dengan usia dan kemampuannya.

7. Lakukan evaluasi dan introspeksi diri
Sesekali lakukan evaluasi cara mendidik anak. Apakah selama ini terlalu memanjakan atau justru terlalu keras dan kaku. Lakukan introspeksi diri sebagai orang tua apakah telah memberikan teladan dan pendidikan agama yang cukup.

8. Berdoa memohon pertolongan Allah
Doa orang tua sangat mustajab untuk kebaikan anak-anaknya. Berdoa kepada Allah agar diberi hidayah dalam mendidik anak-anak menjadi generasi sholeh dan sholeha.

Demikianlah beberapa tips untuk mendidik anak agar tidak menjadi fitnah dunia bagi orang tua. Pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai ketakwaan dan akhlak mulia sejak dini sangat penting untuk bekal anak mengarungi kehidupan. Semoga Allah selalu meridhoi upaya mendidik anak dalam kebaikan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image