Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mulkia Hamidah

Pendidikan: Kunci untuk Membangun Bangsa

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 02 Jan 2024, 14:18 WIB
Sumber foto: https://freepik.com

Bangsa yang makmur di mata dunia terlihat dari berbagai hal. Adapun salah satu hal tersebut. ialah pendidikan, Pada dasarnya pendidikan ini adalah kunci untuk membangun bangsa.

Alasan Pendidikan Jadi Kunci untuk Membangun Bangsa, Sebagaimana yang sudah kita singgung tadi bahwa kemakmuran suatu bangsa bisa terlihat dari kualitas pendidikannya. Oleh karena itu, setiap negara haruslah memiliki mutu pendidikan yang baik. Hal tersebut tidak hanya jadi tanggung jawab pemerintah saja, namun juga masyarakat yang ada di dalamnya. Sudah semestinya semua pihak yang terlibat saling bergotong-royong untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pendidikan yang bermutu tinggi bisa melahirkan citra positif di mata dunia. Pada umumnya, ada beberapa alasan yang memperlihatkan betapa pentingnya pendidikan hingga menjadi kunci untuk membangun bangsa. Berikut beberapa hal yang jadi alasannya tersebut.

Bisa Menciptakan SDM Unggul, Salah satu alasannya yakni sistem pendidikan yang bermutu tinggi bisa melahirkan SDM unggul dan berkualitas. SDM yang unggul ini bisa membuat negara jadi lebih maju dari hari ke hari. Adapun hal yang memperlihatkan kualitas SDM sendiri yakni akhlak. Tingkat pendidikan yang baik bisa mencetak generasi masyarakat yang memiliki akhlak mulia. Selain dari akhlak, kualitas SDM juga tampak dari karakter. Pendidikan yang bermutu sudah semestinya mampu menciptakan masyarakat dengan karakter baik. Kualitas SDM yang baik bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup harmonis dan toleransi dalam berbagai keragaman. Hal ini bisa membangun wawasan yang demokratis secara umum. Karena kualitas pendidikan berpengaruh positif terhadap SDM, tak heran jika bangsa bisa maju ke arah yang lebih baik. Pasalnya, SDM yang berkualitaslah yang bisa jadi kunci untuk membangun bangsa.

Pondasi Membangun Peradaban Bangsa, Alasan berikutnya ialah karena pendidikan jadi pondasi dalam membangun peradaban bangsa. Apabila masyarakat yang ada di dalam negara menyadari sepenuhnya betapa pentingnya pendidikan, maka bisa menentukan masa depannya. Bukan hanya itu saja, kesadaran tersebut juga bisa menentukan bagaimana kualitas kesejahteraan, baik lahir maupun batin bangsa. Bukan isapan jempol semata sebab kualitas pendidikan yang kokoh terbukti bisa memajukan bangsa. Tingkat kemajuan kebudayaan jauh lebih baik dari sebelumnya. Bahkan karena mutu pendidikan yang tinggi juga bisa mengembangkan dunia teknologi.

Beberapa hal tersebut bisa meninggalkan kesan ketinggalan dan memperlihatkan peradaban bangsa yang mampu mengikuti perkembangan dunia. Karena hal itu, pemerintah, masyarakat, maupun semua pihak yang ada di dalam bangsa harus senantiasa membangun kualitas pendidikan sebaik-baiknya.

Sarana Memperkuat Kerukunan, Pendidikan bisa jadi kunci untuk membangun bangsa karena mampu berperan penting sebagai sarana memperkuat kerukunan. Mengapa demikian? Hal ini karena sektor pendidikan bisa mendongkrak toleransi antar beragama yang ada di Indonesia. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara dengan banyak agama di dalamnya. Setiap umat beragama harus menghargai dan menghormati agama yang berbeda dengannya. Hal tersebut bisa tercipta apabila kualitas pendidikannya unggul. Berbeda jika tidak ada toleransi karena minimnya mutu pendidikan, maka bangsa akan jauh dari kata kerukunan. Alih-alih membangun bangsa, hal tersebut bisa menciptakan kesan negatif di mata dunia.

Menanamkan Nilai Kebangsaan, Perlu untuk Anda ketahui bahwa kunci untuk membangun bangsa bisa terlihat dari nilai kebangsaan yang ada dalam diri tiap individu. Nilai kebangsaan tersebut bisa tertanam lewat kualitas pendidikan yang baik.

Dengan pendidikan, maka masyarakat bisa memperoleh nilai kebangsaan sejak dini yang diajarkan lewat pembelajaran. Bukan hanya itu saja, nilai ini juga berasal dari konsensus kebangsaan. Sebut saja Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan nilai-nilai kebangsaan tersebut, bisa menciptakan rasa cinta terhadap Tanah Air. Lebih dari itu, nilai kebangsaan ini bisa mencegah intoleransi dan membangun kesadaran masyarakat untuk berbenah demi kemajuan bangsa.

Mewujudkan Keadilan dan Kesetaraan, Dalam suatu bangsa, sudah pastinya ada poin permasalahan yang mencangkup keadilan dan kesetaraan. Hal ini mengingat bahwa bangsa tersusun dari keberagaman. Dengan adanya pendidikan yang baik, maka semua pihak yang ada di dalam bangsa bisa saling membantu untuk mewujudkan kesetaraan sekaligus keadilan dalam keberagaman tersebut. Untuk alasan yang satu ini tidak lain karena di dalam pendidikan, masyarakat bisa mendapatkan kemampuan komunikasi, kreativitas, kolaborasi, dan berpikir kritis. Dengan kemampuan atau keterampilan tersebut, masyarakat bisa mendapatkan pemahaman yang baik mengenai keberagaman. Pemahaman ini sebenarnya juga jadi kunci untuk membangun sikap toleransi sehingga menguntungkan bangsa.

Bisa Menghadapi Tantangan Zaman Tak banyak yang menyadari bahwa pendidikan bisa jadi kunci untuk membangun bangsa karena mampu mencetak generasi dengan keberanian menghadapi tantangan zaman. Tidak bisa kita pungkiri bahwa seiring berjalannya waktu, zaman juga silih berganti. Setiap individu di dalam bangsa harus bisa mengikuti perkembangan zaman tersebut agar tak tenggelam. Namun bukan berarti mengikutinya tanpa filter.

Generasi dengan pendidikan berkualitas mampu mengikuti perkembangan zaman tanpa menghilangkan identitas dan karakter bangsa. Misalnya saja saat menghadapi tantangan globalisasi yang serba canggih. SDM yang berkualitas bisa memanfaatkannya untuk memperkaya wawasan dan mentransfernya demi kebermanfaatan bersama. Dalam menghadapi tantangan masa depan ini, pendidikan jadi gerbang untuk lebih peka terhadap sekitar. Masyarakat jadi semakin aktif berpartisipasi dalam perubahan yang mendongkrak kemajuan bangsa. Sektor pendidikan memang bisa menghasilkan generasi yang inovatif, kreatif, dan bijak.

Tips Meningkatkan Mutu Pendidikan, Kualitas pendidikan bisa lebih baik dari hari ke hari jika bangsa memperhatikan beberapa tips berikut ini. Pastikan tahu apa saja tipsnya sebab pendidikan bermutu jelas berpengaruh positif terhadap kemajuan bangsa.

Perhatikan Kualitas Pengajar, salah satu tipsnya ialah dengan memperhatikan kualitas pengajar sebagai kunci untuk membangun bangsa. Pengajar jadi salah satu sarana untuk mentransfer pengetahuan kepada pelajar. Karena hal itu, sudah seharusnya memperhatikan kualitas pengajarnya dengan baik. Bukan hanya dari segi background pendidikan saja, namun juga sikap dan kemampuannya. Dengan pengajar yang berkualitas, peserta didik bisa lebih mudah menangkap materinya. Selain itu, peserta didik juga bisa mendapatkan wawasan atau ilmu yang bermanfaat.

Cermati Mutu Materi Pembelajaran, mutu materi pembelajaran juga jadi salah satu pendongkrak lahirnya generasi emas. Untuk itu, pemerintah haruslah memperhatikan dan meningkatkan kualitas materi pembelajarannya.

Membangun Sarana dan Prasarana Pembelajaran, tips berikutnya ialah membangun sarana dan prasarana pembelajaran. Dalam hal ini, pemerintah haruslah memperhatikan sektor pendidikan dengan baik. Apabila sarana dan prasarana pendidikannya memadai, maka proses pembelajaran bisa berlangsung lancar. Pengajar maupun pelajar yang mengikuti proses pembelajaran juga bisa merasa nyaman. Hal tersebut bisa menciptakan suasana kondusif dan efektif dalam belajar.

Terlihat jelas bahwa pendidikan memang menjadi kunci untuk membangun bangsa. Semakin baik kualitas pendidikannya, maka kian bermanfaat bagi bangsa. Begitu pula sebaliknya. Rendahnya kualitas pendidikan, bisa menurunkan citra bangsa di mata dunia. Melihat betapa pentingnya hal tersebut, tentulah harus memperhatikan sektor pendidikan sebaik mungkin.

keyword: kunci untuk membangun bangsa

meta: Pendidikan adalah salah satu kunci untuk membangun bangsa. Pasalnya, pendidikan yang berkualitas bisa mencetak generasi emas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image