Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image gusti enggar

Perempuan Peneliti Struktur Mikro Pasar

Eduaksi | Monday, 01 Jan 2024, 21:14 WIB
Maureen O'Hara- Market Microstructure Theory ( Sumber: https://members.cfachicago.org/)

Artikel ini menjelaskan bahwa perempuan pertama yang menjabat sebagai Presiden American Finance Association yaitu Maureen O'Hara, ia dikenal sebagai profesor keuangan yang berprestasi, juga sering diakui sebagai salah satu wanita pertama yang mencapai kesuksesan besar dalam pasar keuangan dan dikenal karena karya-karyanya yang menarik dalam memahami struktur mikro pasar.

O'Hara bergabung dengan Johnson School pada tahun 1979, setelah memperoleh gelar M.A. di bidang ekonomi dan Ph.D. di bidang keuangan di Universitas Northwestern, dan pada tahun 1985 ia menjadi anggota fakultas perempuan pertama di Sekolah Johnson.

O'Hara juga menjadi penulis The Microstructural Theory of Markets dan pemimpin redaksi Review of Financial Studies pada tahun 2000. Dia juga menerbitkan buku secara luas mengenai berbagai topik, termasuk perbankan, perantara keuangan, hukum keuangan, ekonomi eksperimental, serta keuangan etika.

Teori Struktur Pasar Mikro

Kontribusinya telah secara signifikan membentuk pemahaman kita tentang bagaimana mekanisme perdagangan, desain pasar dan asimetri informasi mempengaruhi fungsi pasar keuangan. Karyanya sering kali menggali detail rumit tentang bagaimana perdagangan terjadi, dampak berbagai struktur pasar, dan peran informasi di pasar.

Teori ini mejelaskan tentang struktur mikro pasar yang merupakan suatu aliran dari disiplin ilmu keuangan yang berfokus pada proses dan outcomes dari pertukaran aset-aset dalam sebuah bentuk eksplisit dari aturan perdagangan. Teori struktur mikro pasar digunakan sebagai dasar hipotesis terkait perubahan likuiditas saham akibat perubahan aturan perdagangan.

Konsep struktur mikro pasar secara jelas menyatakan bagaimana harga aset terbentuk di pasar dengan aturan perdagangan yang ada. Dari perspektif berbeda, struktur mikro pasar dipandang sebagai cabang ilmu ekonomi finansial yang melakukan penyelidikan perdagangan saham dan organisasi pasar.

Aspek penting dari literatur struktur mikro pasar dan pendekatan teoritis terhadap perilaku harga sekuritas dan pasar dengan adanya informasi diferensial. Dalam pendekatan pasar Walrasian adalah teori ekonomi yang mengasumsikan bahwa pasar mencapai keseimbangan saat harga dan kuantitas ditentukan oleh pertemuan penawaran dan permintaan untuk semua barang dan jasa.

Contohnya sebuah pasar di mana terdapat penjual dan pembeli untuk buah apel ketika harga ditetapkan pada tingkat yang memungkinkan penjual menjual semua apel yang dimilikinya dan pembeli membeli semua yang mereka inginkan, pasar itu dalam keseimbangan Walrasian.

Untuk memodelkan perilaku pasar keamanan dengan adanya informasi diferensial. Dari sudut pandang ini, terdapat harga pasar tunggal yang ditetapkan oleh perantara pasar tertentu. Karena perdagangan bersifat agregat dan pasar beroperasi pada titik waktu tertentu, kerangka kerja ini terkait erat dengan model ekspektasi rasional. Pendekatan pemodelan alternatif juga disajikan – model perdagangan sekuensial.

Dalam model ini perdagangan terjadi satu per satu, harga beli dan jual berbeda yang dikutip oleh spesialis pasar, dan urutan pesanan dapat mempengaruhi perilaku pasar. Dari sudut pandang ini tidak ada harga pasar, harga dalam setiap transaksi akan berbeda tergantung pada berbagai faktor seperti apakah perdagangan itu besar atau kecil, pesanan muncul dari pembeli atau penjual, dan pesanan tersebut merupakan batas atau pasar.

Riset Terkini

Penelitian O`Hara berfokus pada masalah struktur mikro pasar, O'Hara adalah penulis Teori Struktur Mikro Pasar dan berbagai artikel jurnal. O'Hara juga telah mengabdikan banyak waktu dan penelitian dalam memahami masalah yang berkaitan dengan struktur mikro pasar yaitu pencatatan dan penghapusan di pasar sekuritas, blockchain, dan mata uang kripto, selain riset likuiditas dan informasi berfokus pada peran risiko dalam penilaian aset.

Topik tersebut melibatkan analisis struktur pasar mikro di Indonesia yang mungkin telah mengalami perkembangan dengan penelitian terbaru. Misalnya: Ekaputra & Ahmad (2007), juga Ekaputra et al (2019) telah memberikan wawasan empiris atas gagasan struktur mikro pasar keuangam.

Beberapa bidang penelitian yang relevan mungkin termasuk analisis kompetisi antara perusahaan, penentuan tingkat konsentrasi industri, atau dampak regulasi terhadap struktur pasar.

Teori Struktur Mikro Pasar dan sejumlah artikel jurnal merupakan kontribusi yang signifikan dalam memperdalam pemahaman tentang bagaimana pasar keuangan diatur di tingkat mikro. Fokusnya terhadap struktur mikro pasar membantu mengurai kompleksitas pasar, mengidentifikasi faktor-faktor penting yang memengaruhi perdagangan, dan menganalisis perilaku aset keuangan secara mendalam. Ini memberikan wawasan penting bagi para pelaku pasar dan peneliti dalam mengambil keputusan investasi dan manajemen risiko.

*Gusti Enggar Paradita, Mahasiswa Universitas Paramadina*

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image