Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dafriza Mulya Anwar

Tips dan Cara Mudah Mengatur Keuangan Bagi Generasi Z

Bisnis | Friday, 29 Dec 2023, 22:39 WIB
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-kaya-uang-memegang-5909795/

Generasi Z adalah generasi yang lahir di antara tahun 1997 hingga 2012. Menurut Noordiono (2016), generasi Z adalah generasi yang sedini mungkin telah mengenal teknologi dan internet, generasi yang haus akan teknologi. Generasi ini juga dikenal sebagai generasi yang cerdas, kreatif, dan inovatif. Namun, generasi Z juga dikenal sebagai generasi yang konsumtif dan boros. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pengaruh media sosial, gaya hidup modern, dan kemudahan akses ke barang-barang konsumtif, ditambah kurangnya pendidikan dan sosialisasi dalam mengatur keuangan yang memadai.

Oleh karena itu, penting bagi generasi Z untuk belajar mengatur keuangan dengan bijak sejak dini. Dengan mengatur keuangan dengan baik, generasi Z dapat mencapai tujuan keuangannya, baik di masa kini maupun di masa depan.

Berikut adalah beberapa tips dan cara mudah mengatur keuangan bagi generasi Z:

1. Buat perkiraan anggaran

Langkah pertama dalam mengatur keuangan adalah membuat perkiraan anggaran. Anggaran adalah rencana pengeluaran yang dibuat secara tertulis. Anggaran dapat membantu anda untuk mencapai tujuan keuangan yang anda inginkan dan mengetahui berapa banyak uang yang Anda miliki dan untuk apa saja Anda menghabiskan uang tersebut.

Untuk membuat anggaran, anda perlu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran anda selama satu bulan. Setelah itu, anda dapat membagi pemasukan anda ke dalam berbagai kategori pengeluaran, seperti kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

2. Sisihkan uang untuk tabungan

Setelah membuat anggaran, anda perlu menyisihkan uang untuk tabungan. Tabungan adalah dana yang anda tabung untuk tujuan tertentu, seperti dana darurat, dana pendidikan, atau dana pensiun.

anda bisa menyisihkan uang untuk tabungan dengan membuat pos tabungan dalam anggaran anda. anda juga bisa menyisihkan uang untuk tabungan secara rutin, misalnya setiap minggu atau setiap bulan. Dan idealnya alokasi dana untuk menabung sekitar 20% dari total gaji.

3. Batasi pengeluaran

Langkah selanjutnya adalah membatasi pengeluaran. anda perlu bijak dalam memilih barang atau jasa yang akan dibeli. Hindari membeli barang atau jasa yang tidak anda butuhkan. Karena bagi anak muda terutama generasi Z bergaya di rasa lebih penting di bandingkan dengan kebutuhan lain yang lebih penting sampai-sampai rela untuk berhutang agar bisa cepat mendapatkan kesenangan yang diinginkan.

anda juga perlu membandingkan harga barang atau jasa sebelum membelinya. anda bisa mencari tahu harga barang atau jasa tersebut di berbagai toko dan di tambah dengan mudahnya akses internet dan teknologi anda bisa membandingkan harga melalui aplikasi atau situs belanja online yang sudah banyak beredar sekarang.

4. Mulailah berinvestasi

Investasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan nilai uang. Investasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti berinvestasi di saham, obligasi, atau reksa dana.

Anda bisa mulai berinvestasi sejak dini, misalnya saat anda masih berumur 20-an tahun dan sudah memiliki pendapatan mulailah berinvestasi. Dengan begitu, anda memiliki waktu yang lebih lama untuk memaksimalkan potensi keuntungan dari investasi yang anda jalankan.

5. Hindari utang

Utang adalah salah satu hal yang dapat mengganggu keuangan anda. Oleh karena itu, hindari utang sebisa mungkin.

Jika anda merasa terpaksa berutang, pastikan juga bahwa anda dapat membayar cicilan utang tepat waktu. Anda juga perlu memastikan bahwa utang tersebut digunakan untuk tujuan yang produktif, seperti untuk membeli rumah,kendaraan atau Membuka usaha yang dimana dari hasil berhutang itu dapat menghasilkan pendapatan atau pemasukan lain sehingga dapat menutupi biaya tagihan utang yang harus dibayar.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mengatur keuangan bagi generasi Z:

· Gunakan teknologi

Saat ini, ada banyak aplikasi keuangan yang dapat membantu anda untuk mengatur keuangan. Aplikasi keuangan dapat memudahkan anda untuk mencatat pengeluaran, membuat anggaran, dan melacak investasi anda. Untuk membantu proses dalam mengatur keuangan anda dapat menggunakan aplikasi pengatur keuangan untuk membantu dan mempermudah mengatur segala bentuk pengeluaran atau pemasukan anda, contoh aplikasi yang dapat membantu mengatur keuangan antara lain:

· Money Manager

· Finansialku

· Buku Warung

· Money Lover

· Monefy

· Buku Kas

· Dapatkan bantuan profesional

Jika anda merasa kesulitan untuk mengatur keuangan anda sendiri, anda bisa mendapatkan bantuan dari profesional atau orang yang lebih ahli dalam bidang mengatur keuangan.Dengan menerapkan tips dan cara mudah mengatur keuangan di atas, generasi Z dapat mencapai tujuan keuangannya dan memiliki masa depan yang lebih cerah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image