Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Farhan Aulia Kamal

Politik Dinasti: Dampak Negatif bagi Demokrasi

Politik | Wednesday, 27 Dec 2023, 20:48 WIB
Sumber: https://www.biliranisland.com/blogs/2011/09/01/the-philippine-political-dynasty-is-here-forever/

Politik dinasti adalah sistem pemerintahan di mana kekuasaan dipegang oleh satu keluarga secara turun temurun. Sistem ini dapat ditemukan di berbagai negara, baik yang menganut sistem monarki maupun republik.

Di Indonesia, politik dinasti telah menjadi fenomena yang semakin marak terjadi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya keluarga yang memiliki anggota yang berkiprah di dunia politik, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Politik dinasti memiliki dampak negatif bagi demokrasi, antara lain:

1) Mempersempit ruang partisipasi publik. Politik dinasti cenderung menghambat partisipasi publik dalam proses politik. Hal ini karena kekuasaan hanya didominasi oleh segelintir orang dari satu keluarga.

2) Memperkuat praktik korupsi dan nepotisme. Politik dinasti dapat menjadi pintu masuk bagi praktik korupsi dan nepotisme. Hal ini karena anggota keluarga yang memiliki kekuasaan cenderung saling melindungi satu sama lain.

3) Meningkatkan potensi konflik sosial. Politik dinasti dapat meningkatkan potensi konflik sosial. Hal ini karena persaingan untuk mendapatkan kekuasaan dapat menimbulkan perselisihan antar keluarga.

Untuk mengatasi fenomena politik dinasti, perlu dilakukan upaya-upaya, antara lain:

1) Meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya politik dinasti. Masyarakat perlu menyadari bahwa politik dinasti dapat berdampak negatif bagi demokrasi.

2) Memperkuat lembaga-lembaga demokrasi, seperti partai politik dan lembaga swadaya masyarakat. Lembaga-lembaga ini perlu berperan aktif dalam mencegah praktik politik dinasti.

3) Melakukan reformasi sistem politik. Sistem politik perlu diubah agar lebih demokratis dan terbuka.

Pemerintah juga perlu mengambil langkah-langkah untuk mencegah praktik politik dinasti. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan aturan-aturan yang membatasi anggota keluarga untuk menduduki jabatan publik secara bersamaan.

Selain itu, pemerintah juga perlu meningkatkan pengawasan terhadap proses pemilihan umum agar tidak terjadi praktik politik dinasti.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image