Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Leonardo Bermana

Teknologi Combine Harvester

Teknologi | Wednesday, 27 Dec 2023, 14:11 WIB
Combine harvester

Dengan menggunakan teknologi pertanian indo combine harvester petani akan dimudahkan dalam urusan panen padi mulai dari pemotongan, pengangkutan, perontokan, pembersihan, sortasi, hingga pengantongan. Dengan indo combine harvester, Anda tidak lagi membutuhkan banyak orang untuk memanen padi, karena satu mesin ini hanya butuh tiga orang saja, dengan kapasitas kerja empat sampai enam jam per hektar.

Teknologi ini akan semakin baik performanya jika digunakan pada lahan yang basah. Indo combine transplanter memiliki gaya tekan ke permukaan tanah 0.13kg/cm2, memperkecil kemungkinan bagi mesin untuk terperosok dalam tanah. Hebatnya lagi, teknologi pertanian ini mampu menghasilkan gabah dengan tingkat kebersihan 99.5%.

Keuntungan yang terdapat dalam teknologi ini adalah

-Efisiensi Panen: Combine harvester menggabungkan beberapa tahapan panen, seperti memotong, memisahkan biji, dan membersihkan tanaman, meningkatkan efisiensi dan mengurangi waktu panen.GPS dan Pemantauan Lokasi: Beberapa combine harvester modern dilengkapi dengan sistem

-GPS untuk pemantauan lokasi yang akurat. Ini membantu dalam perencanaan dan pemetaan area tanam.

-Sistem Kontrol Otomatis: Teknologi otomatisasi memungkinkan combine harvester untuk mengatur operasinya secara otomatis, termasuk kecepatan dan ketinggian pemotongan, meningkatkan presisi dan mengurangi kesalahan manusia.

-Sensor Pemantauan Kualitas Hasil Panen: Sensor canggih dapat digunakan untuk memantau kualitas hasil panen, seperti kelembaban dan berat biji. Ini membantu petani dalam mengoptimalkan hasil panen mereka.

-Teknologi Pemrosesan Data: Pemanfaatan teknologi untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari proses panen dapat memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian.

-Sistem Pemilah Optik: Pemanfaatan kamera dan sistem optik untuk memilah biji-bijian dan material lainnya secara efisien.

-Desain yang Ramah Lingkungan: Beberapa combine harvester modern dirancang dengan fokus pada efisiensi bahan bakar dan pengurangan dampak lingkungan.

Penting untuk dicatat bahwa penerapan teknologi ini dapat bervariasi tergantung pada skala pertanian dan aksesibilitas teknologi di berbagai daerah di Indonesia. Inovasi terus menerus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan sektor pertanian.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image