Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Susi

Bekerja dari rumah dengan freelance

Eduaksi | Thursday, 06 Jan 2022, 10:08 WIB

di pandemi semua ini seluruh dunia mengalami pahitnya masing-masing dalam kehidupan terlebih banyaknya phk dan kerja tidak menentu terutama mahasiswa yang baru lulus atau anak sekolah yang baru lulus juga, untuk mengatasi hal itu kalian bisa bekerja dirumah dengan sampingan freelance sebenernya freelance ini ada 2 yaitu online dan offline tapi kali ini saya ingin membahas tentang online nya yaitu tips bekerja dirumah dengan freelance.

jika ada yang belum mengetahui apa itu freelance, Freelance merupakan sebutan bagi orang yang berstatus kerja tetapi waktu kerja tersebut dapat diatur sendiri. Tidak seperti karyawan tetap atau profesional lainnya, yang harus memiliki jam kerja selama 8 jam sehari.

Saat ini, pekerjaan sebagai freelance sudah diminati oleh banyak orang karena beberapa jenis pekerjaan freelance memiliki prospek dan profit yang tinggi. Saat ini, pekerjaan sebagai freelance sudah diminati oleh banyak orang karena beberapa jenis pekerjaan freelance memiliki prospek dan profit yang tinggi. Pekerjaan freelance yang sangat diminati oleh banyak orang salah satunya adalah desainer.

berikut tips bekerja dirumah dengan freelance :

1. kamu harus tau hal apa yang kamu suka dan skill apa yang kamu bisa

kalian harus tau dulu bakat dan kemampuan apa yang kalian bisa dan mampu untuk kerjaan freelance, terkadang kita asal ambil kerjaan hingga akhirnya numpuk dan tidak terhandle . maksimal 2 bidang pekerjaan aja yang dikuasai supaya buat pemula tidak pusing.

2. alasan kenapa ingin jadi freelance

selain karena hal pandemi atau covid yang membuat susah kerja dan bingung kerja offline apa aja, kalian harus tau alasan lebih mendalam kenapa harus freelance? pasti karena fleksibilitas, yaps pastinya ini fleksibel banget terutama bagi mahasiswa hanya di depan laptop saja atau bahkan hp kalian bisa bekerja,kebebasan karena kita bisa kerja kapan aja dan dimana aja dan lebih banyak kesempatan kerjanya selagi kalian mencari pekerjaan di offline kantor lain tidak ada salahnya mencoba freelance untuk sampingan.

3. tentukan tarif dengan bijak

banyak sekali projek pekerjaan yang ada di freelance tapi lakukan riset untuk mendapatkan ide harga yang sesuai untuk proyek kerjaan ,hargai dirimu dan waktumu jangan terlalu murah .

5. situs pribadi

jika belum mempunyai proyek yang dikerjaakan, cobalah membuat karya di blog pribadi yang menunjukan bakat kemampuan atau passion dirimu dan skill yang jelas dan menarik. tunjukan bahwa kamu layak untuk dipilih dibanding freelance lain.

6. berkomunikasi dengan klien

terus update skill mu dalam pekerjaan dan tetaplah berkomunikasi dengan mereka berikan respon cepat atas email atau informasi yang mereka inginkan kirim hasil draft sebelum berikan hasilnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image