Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Penulis Cilik Berkolaborasi Menulis Buku Mengenal Kalimat Thayyibah

Sastra | Monday, 25 Dec 2023, 14:47 WIB

Buku "Mengenal Kalimat Thayyibah" adalah sebuah buku yang diperuntukan anak-anak untuk mempelajari kalimat Thayyibah. Kalimat thayyibah ini berasal dari dua kata, yakni al kalimah yang artinya kalimat dan at thayyibah yang artinya baik. Oleh karena itu, jika digabungkan, kalimat thayyibah merupakan kalimat-kalimat kebaikan yang apabila diucapkan akan memperoleh pahala dari Allah SWT.

Buku ini juga menggunakan gambar dan ilustrasi untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami. Pada setiap halaman, anak-anak akan mencari kalimat Thayyibah yang baru dan menemukan cara bagaimana mereka dapat digunakan dalam hidup sehari-hari.

Buku ini ditulis oleh penulis-penulis dewasa dan juga penulis cilik. Ada Kak Ita Syuri, seorang penulis sekaligus pendidik di Perguruan Islam Al Izhar Pondok Labu. Ia juga mengajak beberapa muridnya untuk berkarya bersama untuk mendukung dunia literasi anak. Ada Alicia Princessa Pramuditya, biasa dipanggil Alicia. Saat ini Alicia kelas III di SD Al Izhar Pondok Labu Jakarta Selatan.

Alicia berharap buku Mengenal Kalimat Thayyibah dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk semua orang.

Penulis lainnya adalah Aku Mikayla Avika Pramuditya panggil atau dipanggil Kayla. Ayah dan Ibunya Bernama Alfiyanto P dan Bernama Hervita W. Keduanya sangat mendukung Kayla untuk menulis. Hobinya ada membaca, khususnya Buku Harry, Potter, Pink Berry, dan KKPK. Buku-buku tersebut menginspirasiku untuk menjadi penulis.

Selanjutnya ada Rahesha Syabani Mulya. Hobinya bermain basket dan piano. Aku sekarang kelas VI di SD Al Izhar Pondok Labu, Jakarta Selatan. Selain hobi menulis ternyata Rahesha pernah juara 1 pertandingan Bola Basket saat turnamen Al Izhar cup 2023.

Penulis cilik lainnya adalah Pradhita Valya Wicaksono, nama panggilan Valya. Hobinya gymnastics dan membaca buku. Yang mengagumkan Valya pernah mendapat Medali Emas BSJ GymnasticsFriendship Meet, 2023, Medali Emas 8th International Gymnastics Invitation, 2022, dan Medali Perak 8th International Gymnastics Invitation, 2022. Ini adalah buku perdananya. Ia berharap dapat membuat buku lainnya lagi.

Alhamdulilah beberapa penulis cilik juga turut berkarya dalam buku ini ada Kenzie, Jordan, dan Gendhis. Mereka semua berkolaborasi dengan Kak Endang Fatmawati yang sudah menulis ratusan buku dan koleksi bukunya sudah ada di perpustakaan nasional dan perpustakaan daerah.

Suatu kebanggaan juga bisa menulis bersama Dr Leliy Kholida, S.Pd.I., M.Ag. Kak Nurul Qodriyah Rochmawati, S.Pd., Kak Elin Herlina, Kak Prapti Wahyuni, S.Pd., Kak Binti Qomariyah, Kak Ida Nur Hayati, S.Ag., S.Pd., Kak Ita Masitoh, S.Ag., M.Pd.I., Kak Sri Mulyanih, dan Kak Iriani.

Buku "Mengenal Kalimat Thayyibah" juga mengajarkan anak-anak cara memperoleh kebaikan dari penggunaan kalimat Thayyibah. Dengan membaca buku "Mengenal Kalimat Thayyibah", anak-anak akan mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang nilai-nilai yang baik dan cara untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain. Buku ini juga akan membantu anak-anak menjadi lebih peduli terhadap diri sendiri dan orang lain, serta membantu mereka menjadi lebih baik dalam hidup sehari-hari. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image