Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizky Febiginta Saputra

KKN Untag Surabaya Dalam Pengembangan UMKM Terkait Pemasaran Digital

Info Terkini | Thursday, 06 Jan 2022, 01:48 WIB

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan mahasiswa untuk melakukan pengabdian terhadap masyarakat dengan menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama masa perkuliahan. Diharapkan dengan adanya kegiatan KKN ini, mahasiswa dapat mencari solusi dari permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Dikarenakan adanya pandemi yang sedang terjadi membuat beberapa universitas melakukan kegiatan KKN secara mandiri. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya merupakan salah satu kampus yang menerapkan kegiatan KKN secara mandiri. Rizky Febiginta Saputra, Salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 telah melakukan kegiatan KKN dengan program pelatihan dan pendampingan UMKM yang dilakukan demi meningkatkan pemasaran produknya. Kegiatan KKN tersebut dilaksanakan pada sebuah UMKM dalam bidang pengolahan makanan yang bernama "Dapur Citra". Lokasi pelaksanaan kegiatan KKN dilakukan di Jl. Kalimaya 4 E24 RT 02 RW 09, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik dan dibimbing oleh Bapak Naufal Abdillah, S.Kom., M.Kom. Selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

UMKM Dapur Citra adalah sebuah usaha dalam bidang makanan yang melayani pembuatan makanan berupa makanan ringan seperti roti dan kue, dan juga makanan berat seperti nasi kotak, tumpeng dan lain lain. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra seperti sebelumnya, pemasaran yang dilakukan hanya melalui mulut ke mulut disekitar lingkungan rumah. Hal tersebut membuat konsumen yang dapat dijangkau oleh mitra menjadi terbatas. Selain itu, Dapur Citra belum memiliki media sosial dan logo yang menarik, dimana hal tersebut merupakan faktor penting untuk menarik calon konsumen.

Diskusi Dan Sosialisai Dengan Mitra UMKM Terkait Cara Melakukan Pemasaran Secara Online

Minimnya pengetahuan mengenai pemasaran produk secara online membuat peserta KKN, Rizky mendapatkan sebuah ide untuk membantu meningkatkan UMKM Dapur Citra. Melalui Program yang telah disusun oleh Rizky diantaranya adalah melakukan sosialisasi terkait cara melakukan pemasaran secara online, melakukan re-branding produk, dan melakukan pengambilan foto dan video produk.

Peserta KKN Melakukan Pengambilan Foto Dan Video Produk UMKM Dapur Citra

Pelaksanaan kegiatan KKN ini mendapatkan respon yang positif. Mitra mendapatkan ilmu terkait cara pemasaran melalui platform digital yang telah disosialisasikan oleh peserta KKN. Selain itu, dengan adanya media sosial seperti Instagram dan Website yang ditujukan untuk menampilkan produk mitra secara online, juga membuat pemasaran terhadap produk mitra menjadi lebih luas. Dari berbagai program yang telah dilakukan oleh peserta KKN, diharapkan Mitra dapat lebih kompeten dalam meningkatkan bisnis usahanya.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #Kampuskompeten

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image