Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Great News: Tim Pengabdian UMS inisiasi Kegiatan Green Orphanage

Eduaksi | Friday, 22 Dec 2023, 11:35 WIB

Tim pengabdian masyarakat dari Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang diketuai Dr. Efri Roziaty, M.Si mengadakan inisiasi kegiatan pengabdian masyarakat ke Panti Asuhan Keluarga Yatim Aisyiyah Bekonang, Sukoharjo, Jawa Tengah pada hari Rabu tanggal 25 Oktober 2023. Dari hasil inisiasi awal ini, dihasilkan kesepakatan bahwa Panti Asuhan Keluarga siap menjadi mitra pengabdian dengan kegiatan utama penanaman tanaman obat keluarga (TOGA) untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar panti dan menumbuhkan rasa cinta lingkungan pada anak-anak panti.

Tim UMS berfoto bersama dengan Pengurus Panti Asuhan Keluarga

Kunjungan Tim UMS disambut Ketua Panti, Bu Inni Wartini dan Pengasuh Ibu Siti Muslichah. Panti Asuhan Keluarga saat ini menampung 26 orang anak khusus putri di dalam panti yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Selain mengasuh siswi yang langsung ditempatkan di asrama, panti ini juga membina dan mengasuh 28 orang siswi yang tinggal di luar panti. Umumnya siswi yang diasuh merupakan siswi yatim, piatu, yatim piatu atau siswi yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Bu Inni menyampaikan, selama ini Panti Asuh Keluarga memiliki limbah galon air mineral yang belum dimanfaatkan dan juga lahan kosong yang belum diarahkan penggunaannya. Dari diskusi analisis situasi ini, maka Tim UMS menawarkan edukasi dan penanaman TOGA dengan memanfaatkan limbah dan lahan yang ada, yang dapat membawa dampak positif pada peningkatan environmental awareneness bagi siswi panti. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, Panti Asuhan Keluarga dapat memulai program atau kegiatan lingkungan lainnya menuju green orphanage sebagai pembiasaan anak hidup sehat, mandiri, arif bijaksana dan bertanggung jawab yang merupakan visi dari Panti ini. Selain kesepakatan kegiatan, dalam diskusi awal ini pihak Panti dan Tim UMS menyepakati untuk penanaman awal dipilih 20 spesies yang cocok ditanami sebagai tanaman toga seperti tanaman empon-empon (kunyit, jahe, temulawak), lidah buaya, kumis kucing, sirih dan lain-lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image