TNI Bangun Kodim di IKN, Dimulai Januari Tuntas Agustus 2024

News  
Groundbreaking Kodim IKN. (OIKN)

KALTIMTARA, REPUBLIKA – Tentara Nasional Indonesia melakukan groundbreaking Komando Distrik Militer atau Kodim di Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis, (21/12/2023).

Pembangunan Kodim ini bagian dari upaya TNI mendukung pembangunan IKN yang terus dikebut. Kodim IKN ada di bawah Kodam VI Mulawarman yang berkedudukan di Balikpapan.

Kodim IKN dibangun untuk mengamankan kawasan pusat pemerintahan IKN. Pembangunan dijadwalkan mulai Januari 2024 dan ditargetkan selesai Agustus 2024.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kodim IKN nantinya juga akan membawahi beberapa Koramil yang tersebar di wilayah Nusantara. Pembangunan ini diharap dapat meningkatkan kesiapan dan kemampuan TNI dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara, khususnya di wilayah Nusantara.

Selain itu, Kodim juga akan berperan aktif membantu pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan pelestarian lingkungan di wilayah Nusantara.

Dalam sambutannya, Joko Widodo mengingatkan dalam pembangunan Kodim IKN harus memiliki visi ke depan dan memiliki desain pembangunan yang hijau.

“Kodim IKN dibangun di pusat IKN di lingkungan hijau. Saya melihat pepohonan yang rindang dan persemaian untuk bisa dimanfaatkan serta mendesainnya agar sesuai visi kita yaitu forest city,” pesan Jokowi.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyebut pembangunan Kodim di wilayah Nusantara mneajdi salah satu prioritas TNI dalam mendukung visi Pemerintah untuk mewujudkan IKN Nusantara sebagai kota hijau dan berkelanjutan.

"Tugas utama dari Kodim IKN akan menjadi garda pertahanan darat, laut, dan udara di kawasan IKN. Selain itu kami akan membangun sebuah Kodim yang mengedepankan visi berkelanjutan," ujar Agus Subiyanto.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyambut baik rencana pembangunan Kodim IKN. Menurutnya, kehadiran TNI di wilayah Nusantara akan memberi rasa aman dan nyaman bagi para investor, pekerja, dan penghuni Nusantara.

"Kami mengapresiasi langkah TNI dalam mendukung pembangunan Nusantara. Kami yakin, dengan sinergi yang baik antara TNI, pemerintah daerah, dan Otorita IKN, pembangunan Nusantara akan berjalan lancar dan sesuai rencana," tutur Bambang.

Editor: Rudi Agung

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sekitarkaltim.ID -

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image