Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indonesian Writer

5 Rekomendasi Aplikasi Membuat Website Gratis dan Terbaik!

Teknologi | Thursday, 21 Dec 2023, 11:05 WIB

Dulunya membuat website menjadi hal yang sulit. Bahkan, hanya orang-orang yang memiliki kemampuan coding saja yang dapat membangun website.

Saat membuat website, mereka akan menuliskan kode-kode di aplikasi hanya untuk menciptakan kerangka dasar website.

Beruntung, dengan perkembangan teknologi, banyak aplikasi website canggih bermunculan. Banyak pilihan aplikasi dengan fitur sesuai kebutuhan.

Contohnya dari yang berbasis aplikasi desain web online, CMS, hingga aplikasi pembuat website yang berbentuk text editor.

Rekomendasi Aplikasi Membuat Website Gratis

Dengan banyaknya aplikasi untuk membuat website profesional, mungkin Anda akan sedikit kebingungan untuk memilih mana aplikasi yang tepat.

Berikut rekomendasi aplikasi gratis dengan sejumlah fitur menarik, antara lain

1. WordPress

Logo wordpres

WordPress menjadi aplikasi membuat website gratis yang memungkinkan untuk membangun web secara profesional dengan cara yang mudah. WordPress seperti sebuah kombinasi dari kemudahan dan fleksibilitas untuk membangun situs web.

Bahkan, sekarang ini lebih dari 30% website menggunakan WordPress dan menjadikan WordPress sebagai salah satu CMS paling populer di dunia.

Jangan salah, WordPress bukan hanya digunakan untuk website professional saja, tetapi juga mendukung sejumlah website lain seperti e-commerce, blog, dan yang lainnya.

Selain itu manajemen WordPress mempunyai backend yang begitu ramah pengguna. Pengguna bahkan seperti dimudahkan untuk mengubah desain dasar website dengan menggunakan sejumlah template WordPress, baik gratis maupun berbayar.

Contohnya saja Anda mengetik keyword “professional” di tema WordPress. Nantinya, Anda akan menemukan ratusan tema yang sesuai dengan keyword yang diketikkan. Selain itu proses instalasi tema juga sangat mudah.

Apakah Anda ingin menjadikan website menjadi semakin lengkap dengan sejumlah fitur tambahan?

Tidak perlu khawatir, WordPress memiliki sejumlah plugin yang siap diunduh dengan mudah. Sayangnya dengan tingkat kepopuleran yang dimilikinya, WordPress sering menjadi sasaran peretas.

Untungnya, WordPress memiliki sejumlah plugin security sehingga Anda dapat memasangnya. Bila dilihat secara keseluruhan, WordPress menjadi pilihan tepat untuk membangun web professional, tanpa harus memiliki keahlian coding.

2. InVision Studio

Tampilan Website InVision Studio

Awalnya, InVision memberikan layanan berbasis cloud dan terintegasi dengan sejumlah aplikasi desain. Sekarang InVision memberikan penawaran desain antarmuka dengan fitur menarik, lengkap serta mudah untuk dipelajari.

Fitur utama yang dimiliki InVision adalah kemampuan membuat animation motion. Kemampuan ini disebut-sebut sangat sulit untuk disaingi aplikasi yang lain.

Bukan hanya itu, InVision juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengatur kerjasama tim.

Sehingga, pengguna bisa mengerjakan tugas sesuai jadwal masing-masing dan mendiskusikannya dalam 1 frame.

InVision mempunyai artboard yang begitu responsif sehingga Anda hanya perlu membuat prototype untuk berbagai macam perangkat.

Tentu saja sejumlah kelebihan ini akan menghemat waktu dan mempermudah Anda saat ingin membangun website.

3. Dreamweaver

Tampilan Adobe Dreamweaver

Pilihan aplikasi membuat website yang lainnya adalah Dreamweaver. Dreamweaver sebenarnya merupakan aplikasi desain web yang sudah begitu terkenal di kalangan web developer.

Dreamweaver dapat digunakan untuk proses coding, editing, serta maintenance. Ia pun memiliki kombinasi visual editing serta HTML. yang mengizinkan pembuatan kode desain web secara langsung.

Dengan begini, Anda hanya perlu menampilkan layar untuk menulis kode serta mendesain template website.

Sehingga, jika Anda membuat desain dengan mode live preview, Anda bisa melakukan penyesuaian dengan kembali ke layar pengkodean.

Dreamweaver juga memungkinkan Anda menghasilkan desain yang lebih responsif, sehingga website bisa secara optimal tampil di desktop dan mobile.

Memang, penggunaan Dreamweaver ini tidak semudah seperti WordPress yang merupakan aplikasi berbasis CMS. Tetapi, Dreamweaver akan membuat Anda dapat mendesain template website sesuai keinginan.

4. Adobe XD

Tampilan Website Adobe XD

Seperti nama yang dimilikinya, Adobe XD merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Adobe. Dapat dikatakan jika Adobe XD adalah pesaing ketat dari InVision Studio.

Bila Anda terbiasa menggunakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Adobe seperti Ilustrator dan Photoshop, Anda mungkin akan menyukai menggunakan Adobe XD.

Adobe XD menjadi program yang dapat membuka serta mengedit file dari Sketch. Adanya kemampuan tersebut membuat Adobe XD menjadi pilihan pengguna Windows.

Bukan hanya digunakan untuk mengembangkan website, Adobe XD juga dapat digunakan untuk membuat prototype aplikasi iOS dan Android.

Walaupun Adobe XD sudah mengalami sejumlah perkembangan dari pertama diluncurkan, hingga sekarang Adobe XD masih kekurangan fitur seperti kolaborasi real time, tidak hanya itu plugin dari pihak ketiga juga tidak tersedia.

5. Bootstrap

Aplikasi Bootstrap ini diciptakan oleh salah satu tim teknis media sosial Twitter. Ini merupakan sebuah framework website mobile yang sekarang ini cukup populer yang mana bisa digunakan untuk membuat desain web dengan CSS, HTML dan JavaScript.

Bila dilihat secara sederhana, Bootstrap dapat menyederhanakan proses coding website mulai dari awal. Tidak hanya itu, Bootstrap juga menawarkan sejumlah fitur seperti perpustakaan, sistem grid dan sejumlah komponen coding lainnya.

Salah satu alasan mengapa Bootstrap banyak digunakan sekarang ini adalah komponen coding yang cukup lengkap seperti navigasi, header, dan tombol.

Selain itu Boostrap juga memberi fitur seperti saran kustomisasi dan contoh. Sehingga, pengguna baru tidak akan kebingungan saat menggunakan Boostrap.

Dengan ketersediaan berbagai template-nya, Anda dapat mengedit template tersebut hingga memperoleh hasil sesuai dengan keinginan.

Keunggulan dari aplikasi ini seperti memiliki dukungan komunitas yang sangat besar, ukuran ringan dan mendukung di seluruh browser.

Memang, kemunculan aplikasi membuat website bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam membuat website. Tapi, jika Anda masih belum terlalu mahir dan ingin mempunyai website bisnis yang profesional, maka Anda dapat menyerahkannya pada jasa website profesional.

Tetapi, jika Anda ingin mempelajari cara membuat website yang benar, Anda dapat menggunakan rekomendasi sejumlah aplikasi diatas. Kira-kira menurut Anda manakah yang nantinya akan Anda gunakan?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image