Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Daffa Alhaqq

Terbukanya Lapangan Kerja Baru Akibat Perkembangan Teknologi dan Informasi

Iptek | Wednesday, 20 Dec 2023, 22:03 WIB

Sebuah perkembangan tidak dapat dihindari seiring berjalannya waktu, termasuk dengan perkembangan teknologi dan informasi yang memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positif yang dapat kita lihat sekarang salah satunya itu terbukanya lapangan kerja baru di seluruh dunia bagi yang memiliki keterampilan di bidang ini. Selain itu hal positif yang dapat kita rasakan adalah kita semakin efektif, efesien, dan lebih mudah dalam mencari informasi dan hal lainnya akibat dari perkembangan teknologi dan informasi ini.

Dalam konteks membuka lapangan kerja baru yang dilihat adalah bagi orang yang memiliki keterampilan dibidang komputer atau IT, analisis data, content creator, digital marketing, pengelola media sosial, dan masih banyak lainnya. Ini merupakan sedikit contoh dari banyaknya lapangan perkerjaan baru yang lebih spesifik didalamnya.

Menurut buku "The Impact of Technology on Jobs" karya Richard Freeman, teknologi informasi telah menciptakan jenis pekerjaan baru yang membutuhkan keterampilan teknologi yang lebih tinggi, seperti analis data, ahli keamanan siber, dan pengembang perangkat lunak. Selain itu, teknologi informasi juga telah memungkinkan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi lebih efisien dan otomatis, seperti pengolahan data dan manajemen inventaris.

Oleh karena perkembangan teknologi dan informasi yang menggunakan keterampilan teknologi yang tinggi, menghasilkan robot – robot dan juga aplikasi yang dapat menggantikan manusia dalam suatu pekerjaan. Maka terbukalah lapangan pekerjaan seperti programmer sebagai pembuat aplikasi, keamanan siber, dan juga pembuatan robot

Seiring dengan perkembangan teknologi, beberapa jenis pekerjaan dapat menjadi tidak relevan atau bahkan hilang, seperti pekerjaan yang dapat dilakukan oleh mesin atau robot. Oleh karena itu, penting bagi tenaga kerja untuk terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka agar dapat bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Namun tidak perlu khawatir juga karena akibat dari perkembangan ini terkenal yang Namanya “Kerja dimana saja”. Bagi yang memang tidak memiliki keterampilan dibidang teknologi, sekarang ada beberapa lapangan pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah seperti; live jualan di marketplace dari rumah, jadi content creator, dan juga freelancer. Nah hal – hal tersebut dapat kita jadikan sebagai pekerjaan utama maupun sidejob ataupun pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Caranya cukup mudah hanya tinggal kita yang mencari informasi lebih dalam dan juga terus belajar serta mencocokan bidang atau passion mana yang kita miliki terhadap lapangan kerja baru yang tercipta akibat perkembangan teknologi dan informasi ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image