Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image aliffa zhafira

Telemedicine: Solusi Kesehatan di Era Digital

Teknologi | Wednesday, 20 Dec 2023, 12:54 WIB

Pada saat ini kemajuan teknologi semakin berkembang kita pun juga merasakannya. Salah satu teknologi yang semakin maju perkembangannya ialah bidang kesehatan. Banyak sekali perkembangan yang sudah terjadi di bidang kesehatan seperti telemedicine. Telemedicine sangat membantu kita dalam mengakses layanan kesehatan, terutama apa saat pandemi covid-19.

Telemedicine dapat mempermudah kita dalam mengakses informasi seputar kesehatan Contohnya seperti pertukaran informasi, diagnosis pengobatan, dan pencegahan penyakit maupun cidera. Kita tidak perlu lagi pergi ke rumah sakit untuk berkonsultasi. Dengan hanya membuka handphone kita, kita dapat melakukan konsultasi online dengan dokter terpercaya.

Telemedicine memang diharapkan dapat mengatasi permasalahan di Indonesia. Seperti, mengatasi jumlah tenaga kesehatan yang tidak merata dan juga mengatasi adanya hambatan geografis. Di masa depan, telemedicine diharapkan akan berkembang lebih lanjut terutama dalam meningkatkan kualitas layanan serta mempermudah akses layanan.

Namun masih ada hambatan yang masih perlu diperhatikan dalam perkembangan ini. Seperti, belum meratanya akses internet, sehingga sejumlah wilayah belum dapat menikmati layanan ini. Maka dari itu pentingnya campur tangan pemerintah dalam meningkatkan kemajuan infrastruktur agar akses internet jadi lebih merata, sehingga masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi.

Dengan memajukan perkembangan infrastruktur disertai dengan perkembangan teknologi di bidang kesehatan diharapkan dapat membuat Indonesia semakin berkembang dan tidak tertinggal. Sehingga Indonesia dapat menjadi lebih maju.

Daftar Pustaka:

Sitorus, R., & Syakurah, R. (2021). "Penggunaan Telemedicine Sebagai Teknologi Informasi dalam Rangka Solusi Alternatif Pencegahan Penyebaran COVID-19: Literature Review."https://media.neliti.com/media/publications/469299-none-cfce25cf.pdf.

Universitas Airlangga. "Penggunaan Telemedicine di Fasilitas Kesehatan Selama Pandemi Covid-19." Universitas Airlangga Official Website. Diakses pada 15 Desember 2023. Tersedia di: https://unair.ac.id/penggunaantelemedicine-di-fasilitas-kesehatanselama-pandemi-covid-1

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image