Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fadhil Atilla Devfa Putra

Apakah Kendaraan Dengan Artificial Intelligence akan Menjadi Hal Biasa?

Teknologi | Wednesday, 20 Dec 2023, 08:59 WIB

Selama beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi telah membawa perubahan yang signifikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satu inovasi yang semakin mendapat perhatian adalah penggunaan kecerdasan buatan (AI) pada kendaraan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, muncul pertanyaan apakah kendaraan yang dilengkapi AI akan menjadi hal yang lumrah di masa depan?.

Mobil self-driving dan kecerdasan buatan

Mobil self-driving telah menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Kendaraan tersebut menggunakan teknologi AI untuk mengambil keputusan dan berinteraksi dengan lingkungan tanpa memerlukan campur tangan manusia. Misalnya, mobil self-driving dapat mengenali rambu lalu lintas, mengenali pejalan kaki, dan secara otomatis menyesuaikan kecepatan dan rutenya. AI juga digunakan dalam pengembangan sistem keselamatan lalu lintas. Sistem juga dapat mendeteksi potensi bahaya dan mengeluarkan peringatan, atau mengambil tindakan pencegahan seperti mengerem secara otomatis untuk menghindari tabrakan. “Self-driving cars are the natural extension of active safety and obviously something we think we should do.” – Elon Musk.

Kenyamanan dan Keamanan

Penggunaan AI pada kendaraan berpotensi meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Sistem mengemudi otonom dapat membantu mengurangi kecelakaan akibat kesalahan manusia seperti kelalaian atau kelelahan. Selain itu, teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat yang tidak mampu mengemudi, seperti lansia dan penyandang disabilitas.

Tantangan dan Keberlanjutan

Meskipun mempunyai potensi besar, pengenalan kendaraan bertenaga AI juga menghadapi beberapa tantangan. Salah satunya adalah masalah keamanan siber, dimana kendaraan yang terhubung ke internet rentan terhadap serangan hacker. Selain itu, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam mengembangkan peraturan dan standar untuk mobil tanpa pengemudi.

Keberlanjutan juga merupakan aspek penting. Produksi dan penggunaan teknologi AI memerlukan sumber daya yang besar, dan upaya harus dilakukan untuk memastikan bahwa perkembangan ini tidak berdampak negatif terhadap lingkungan.

Pandangan Masa Depan

Seiring berkembangnya teknologi, kendaraan yang dilengkapi AI mungkin akan menjadi lebih umum di masa depan. Perkembangan teknologi ini akan terus berinovasi dan meningkatkan aspek keselamatan, efisiensi, dan kenyamanan berkendara. Namun, ketika melacak perkembangan ini, penting untuk mempertimbangkan implikasinya terhadap pekerjaan manusia, privasi, dan keamanan. Penerapan peraturan yang bijaksana dan solusi inovatif adalah kunci untuk memaksimalkan manfaat teknologi AI pada kendaraan.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi AI, kendaraan yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan mungkin akan menjadi hal yang biasa di masa depan. Meskipun tantangan dan pertimbangan masih ada, tren ini patut diperhatikan mengingat potensi manfaatnya dalam hal kenyamanan, keselamatan, dan mobilitas. Selama masa perubahan ini, kolaborasi antara pemerintah, industri, dan masyarakat sangatlah penting agar kendaraan bertenaga AI dapat memberikan dampak positif pada kehidupan sehari-hari.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image