Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ananda ratu ayesha

Tips Mempersiapkan Mental dalam Menjalankan Bisnis Offline

Bisnis | Wednesday, 20 Dec 2023, 08:35 WIB

Menjadi seorang pebisnis merupakan salah satu bentuk pilihan hidup. Banyak orang berpikir bahwa menjadi pebisnis itu adalah jalan menuju kesuksesan, ditambah dengan jam kerja yang fleksibel. Selain itu orang cenderung berpikir bahwa sebuah usaha yang dibangun dapat memperoleh jumlah penghasilan yang cukup besar dibandingkan jika menjadi seorang pegawai. Kenyataannya, pebisnis merupakan seseorang yang ahli dalam mengatur, mampu bekerjasama dan mampu menghadapi ketidakpastian dalam mengelola usaha. Kesuksesan tidak dapat diraih dengan mudah. Sebagian besar orang membangun kesuksesannya melalui proses, kita juga memerlukan beberapa persiapan sebelum membuka usaha, seperti persiapan jaringan, tempat, waktu. Membuka usaha juga perlu persiapan agar yang dikelola dapat berjalan dengan lancar serta dapat meminimalisir keuangan. Seringkali pebisnis hanya berfokus pada risiko dan perencanaan saja. Hal itu dapat menghambat pebisnis dalam membangun sebuah usaha. Untuk itu penting sekali bagi pebisnis agar lebih memperhatikan sikap mentalnya sebelum berwirausaha.

Ciri – ciri orang yang sudah menyiapkan mental dalam menjalankan bisnis

1. Memiliki mimpi yang besar

Seorang yang selalu memiliki mimpi besar, mereka akan mulai menjalankan bisnisnya karena adanya motivasi untuk mencapai mimpi besar mereka. Mimpi yang mereka miliki, menjadi tujuan dari semua usaha yang dilakukannya. Sehingga dalam mengambil keputusan, seorang akan menyesuaikannya dengan mimpi yang dimilikinya.

2. Pandai dalam mengatasi rasa takut

Semua orang memilki rasa takut, rasa takut muncul ketika mereka membayangkan suatu kegagalan yang akan dihadapinya. Bahkan banyak orang yang masih takut untuk mengambil resiko, namun hal ini tidak berlaku bagi seorang pebisnis. Mereka pandai dalam mengelola ketakutannya dan menumbuhkan keberanian untuk meninggalkan segala zona kenyamanan yang ada.

3. Menyukai tantangan

Pebisnis lebih menyukai akan hal-hal baru yang mungkin memberikan ide baru yang mampu memberikan perubahan yang lebih besar. Seorang pebisnis lebih suka menggunakan kreativitasnya untuk menjadikan tantangan yang dihadapinya menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Bahkan kebanyakan pebisnis menganggap bahwa tantangan adalah peluang yang besar bagi mereka.

4. Disiplin waktu untuk pemenuhan target

Kedisiplinan menjadi hal penting bagi seorang pebisnis, bagi mereka waktu yang terbuang sama halnya melewatkan sebuah peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Maka benar adanya jika ada pepatah yang mengatakan “time is money” karena dengan membuang waktu sama halnya dengan melewatkan begitu saja peluang untuk mendapatkan penghasilan.

5. Pantang menyerah

Seorang pebisnis memiliki visi dan semangat juang yang besar. Mereka tak akan kalah dan mudah menyerah akan adanya beberapa tantangan persaingan pasar. Mereka pantang menyerah pada hambatan, tidak pernah putus asa untuk selalu mencoba memberikan yang terbaik untuk para customernya. Jika menemui jalan buntu, seorang pebisnis tidak akan diam begitu saja menerima kegagalan. Mereka akan mencari jalan alternatif, agar bisa meraih impiannya.

Tips yang harus dipersiapkan dalam menjalankan bisnis

1. Persiapkan skill atau keahlian

Skill yang diperlukan tidak perlu berlebihan, bisa saja sesuai dengan kebiasaan atau pengalaman. Hal itu sudah cukup untuk menjalankan sebuah usaha. Namun tidak menjadi halangan bagi seorang yang memiliki skill lebih banyak pasti akan lebih baik lagi dalam menjalankan sebuah bisnis.

2. Persiapan mental

Kita akan merasakan rasa tidak nyaman saat melakukan pekerjaan yang sebelumnya belum pernah dirasakan. Tetapi, lama kelamaan hal itu akan terasa biasa saja jika kita mencoba untuk menyesuaikan diri dimana kita berada atau dimana kita kerja pada saat ini. Oleh karena itu, sebelum memasuki rutinitas baru, kita harus mempersiapkan mental untuk menerima segala risiko ketika melakukan rutinitas yang baru.

3. Persiapan modal

Modal yang dimaksud adalah modal finansial atau uang. Pada umumnya, untuk membuka usaha bisnis membutuhkan dana awal sebagai modal. Modal merupakan salah satu hal penting dalam membuka usaha, tetapi bukan segala-galanya.

4. Persiapan waktu

Jika kita ingin terjun ke dunia bisnis, kita harus cerdas dalam membagi waktu untuk pribadi, keluarga, dan sosial. Karena dalam memulai bisnis dari nol kita harus bisa meluangkan waktu yang cukup banyak untuk usaha yang baru saja di bangun. Keseimbangan adalah kunci dalam mengatur waktu.

5. Persiapan tempat

Tempat untuk menjadi pebisnis dapat dilakukan di rumah, hal ini bisa dilakukan untuk para pebisnis yang ingin mencoba bisnis dari nol dengan modal yang tidak terlalu banyak. Tetapi penting bagi para pebisnis untuk memiliko ruko untuk usaha karena penyediaan ruang khusus juga bertujuan agar kehidupan dalam berkeluarga privasinya dapat terjaga.

Kesimpulan

Pentingnya untuk para pebisnis memperhatikan bagaimana cara-cara dan tips untuk menjalankan usaha menjadi lebih baik dan lebih maju lagi. Dan pentingnya bagi para pebisnis mental apa yang perlu dipersiapkan untuk membangun bisnis dari nol agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik.

Referensi :

1. https://economy.okezone.com/read/2020/02/29/320/2175995/sebelum-membuka-usaha-persiapkan-mental-hingga-modal

2. https://store.sirclo.com/blog/tips-mental-bisnis/

3. https://www.jurnal.id/id/blog/tips-mental-bisnis-sbc/

Ananda Ratu Ayesha, Manajemen

Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image