Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rosa okta Risma widyaningsih

Edukasi Generasi Sehat Berkembang bersama SMPN 5 Kota Batu

Eduaksi | Tuesday, 19 Dec 2023, 19:41 WIB

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Sumberbrantas Melakukan Sosialisasi dan Edukasi kepada Siswa Siswi SMPN 5 Kota Batu di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sosialisasi dan Edukasi tersebut diantaranya Sosialisasi dan Edukasi Gerakan Hidup Bersih Sehat dan Lingkungan Sehat, Sosialisasi terkait Kesehatan Reproduksi Pada Remaja, Serta Sosialisasi Pengenalan Aplikasi Elsimil.

Gambar Mahasiswa KKN UM melaksanakan kegiatan bersama SMPN 5 Kota Batu

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk pencegahan serta penurunan angka stunting dengan sasaran para remaja. Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi di SMPN 5 Kota Batu ini dihadiri dan diikuti oleh seluruh siswa siswi SMPN 5 Kota Batu, bahkan Bapak dan Ibu Guru juga Ikut serta dan mendampingi dalam Kegiatan kegiatan ini. Dalam Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Gerakan Hidup Bersih Sehat dan Lingkungan Sehat para siswa siswi di berikan materi tentang Apa saja yang tergolong dalam Gerakan PHBS baik di sekolah maupun lingkungan, Pengolahan Sampah, Serta Pentingnya Menjaga Aktivitas Fisik dan Gizi Seimbang tentang Isi Piringku untuk takaran remaja .Pada Kegiatan ini para siswa siswi juga diarahkan untuk membawa bekal makanan sesuai dengan porsi atau takaran isi piringku yang nantinya akan dikonsumsi bersama di akhir acara, serta pemberian obat tablet tambah darah kepada siswa perempuan yang diminum di tempat.

Materi kesehatan reproduksi diisi dengan memberikan gambaran tentang kasus penyakit seksual yang terjadi di indonesia, lalu dijelaskan tentang bagaimana konsep pubertas yang terjadi di masa remaja baik perempuan maupun laki laki. Dijelaskan juga hal yang seringkali masih disepelekan yaitu bagaimana cara menjaga alat reproduksi yang baik dan benar, karena seperti yang kita ketahui, penyakit mengenai reproduksi ini cukup banyak dan masih kurang diperhatikan oleh masyarakat, melalui pengenalan tentang penyakit reproduksi yang sering kali terjadi, harapannya siswa siswi dapat lebih memperhatikan mengenai kesehatan organ reproduksi masing-masing. Meskipun pembahasan mengenai kesehatan reproduksi seringkali masih dianggap tabu di masyarakat, materi ini merupakan salah satu materi yang justru sangat penting untuk diedukasi sejak dini di dalam keluarga dan juga di usia remaja melalui edukasi di sekolah.

Kegiatan makan bersama serta pembagian obat tablet tambah darah (Mahasiswa KKN UM Desa Sumberbrantas)

Pengenalan Aplikasi Elsimil di kalangan siswa SMP Negeri 5 Kota Batu dimulai dengan tujuan utama memberikan pemahaman mendalam tentang persiapan pernikahan. Fokusnya mencakup aspek kesehatan seperti berat badan (BB), tinggi badan (TB), Indeks Massa Tubuh (IMT), Lingkar Lengan Atas (LILA), dan dampak paparan asap rokok. Harapannya, melalui pemahaman ini, siswa dapat lebih menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan memahami implikasi kesehatan terhadap persiapan pernikahan di masa depan. Dalam mendalami pemahaman siswa terhadap Aplikasi Elsimil, metode tanya jawab diadopsi sebagai salah satu pendekatan efektif. Proses ini menciptakan kesan bahwa siswa tidak hanya menjadi pasif dalam menerima informasi, tetapi juga memiliki minat untuk bertanya. Memberikan ruang bagi siswa untuk mengajukan pertanyaan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap aplikasi ini. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertanyaan, sambil memastikan bahwa pertanyaan yang diajukan tetap dalam batas wajar dan relevan dengan tujuan pengenalan Aplikasi Elsimil.

Harapannya, pengenalan Aplikasi Elsimil ini dapat memberikan bekal ilmu yang berharga kepada siswa SMP untuk masa depan, sehingga pemahaman lebih lanjut mengenai kesehatan dan persiapan pernikahan dapat membantu mereka membuat keputusan yang lebih cerdas dan bertanggung jawab. Dengan mengetahui dampak dari faktor-faktor seperti BB, TB, IMT, LILA, dan paparan asap rokok, siswa diharapkan dapat mengambil langkah-langkah preventif untuk memastikan kesehatan optimal dalam pernikahan mereka nantinya. Lebih dari sekadar memberikan informasi, pengenalan Aplikasi Elsimil juga diarahkan untuk mencegah pernikahan dini. Dengan memberikan pengetahuan tentang persiapan pernikahan secara menyeluruh, diharapkan siswa mampu memahami kompleksitas dan tanggung jawab yang melekat dalam sebuah hubungan pernikahan. Kesadaran ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mengubah paradigma siswa mengenai pernikahan, menjadikan mereka lebih siap dan matang dalam menghadapi komitmen tersebut di masa dewasa nanti.

Pemberian hadiah kepada siswa yang memiliki skor pengerjaan soal tertinggi (Mahasiswa KKN UM Desa Sumberbrantas)
Pemberian kenang-kenangan kepada pihak sekolah (Mahasiswa KKN UM Desa Sumberbrantas)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image