Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Zein Erian

Keajaiban Kesehatan sebagai Penangkal Asam Urat dan Penguat Kewaspadaan

Gaya Hidup | Monday, 18 Dec 2023, 15:33 WIB
Image by benzoix on Freepik

Kopi tidak hanya menjadi teman penyemangat di pagi hari, melainkan juga membawa sejumlah manfaat kesehatan yang mengagumkan. Selain kemampuannya mengusir kantuk, kopi juga terbukti efektif dalam mencegah masalah kesehatan, termasuk asam urat.

Pengusir Kantuk

Kandungan kafein dalam kopi berperan merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi neurotransmiter seperti dopamine, menjadikan kopi pilihan utama untuk mengatasi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

Penyokong Metabolisme

Kafein dalam kopi dapat mempercepat tingkat metabolisme tubuh, memungkinkan konversi makanan menjadi energi yang lebih efisien dan menjaga tingkat energi sepanjang hari.

Perlindungan dari Asam Urat

Dikutip berdasarkan penelitian dewajanti (2019) dalam jurnal Kedokteran meditek Kopi mengandung asam klorogenat, yang memiliki efek farmakologi sebagai antioksidan dan dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah penderita hiperurisemia.

Kaya Antioksidan

Kopi mengandung antioksidan, seperti klorogenat dan asam kafeat, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mencegah peradangan dan kerusakan sel.

Manfaat pada Otak

Kafein tidak hanya meningkatkan kewaspadaan, perhatian, dan mood, tetapi konsumsi kopi secara moderat juga dapat berkontribusi pada kesejahteraan mental dan meningkatkan fungsi kognitif.

Kesehatan pada Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang seimbang dapat berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kombinasi antioksidan dan dampak positif terhadap metabolisme mendukung kesehatan jantung secara menyeluruh.

Meskipun kopi memiliki manfaat yang luar biasa, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti kegelisahan dan gangguan tidur. Oleh karena itu, nikmatilah kopi sesuai kebutuhan tubuh dan hindari konsumsi berlebihan, terutama pada sore hari agar tidur malam tetap nyenyak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image