Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Apapun Makanannya, Es Teh Manis Minumannya! Emang Boleh ?

Gaya Hidup | Monday, 18 Dec 2023, 13:02 WIB

Setuju gak sih kalau apapun makanannya, es teh minumannya? Tak bisa dimungkiri, es teh telah melekat menjadi kebiasaan sehari-hari yang hampir semua masyarakat Indonesia mengonsumsinya setelah makan. Terlepas dari itu, sadar gak sih di dalam satu gelas es teh manis terdapat kurang lebih 25-27 gram gula pasir atau setara dengan 2 sendok makan, dimana sudah memenuhi setengah porsi anjuran konsumsi gula per harinya berdasarkan aturan dari Kemenkes yaitu tidak lebih dari 50 gram per hari atau sama dengan takaran 4 sendok makan. Hal tersebut terjadi ketika baru satu kali konsumsi es teh manis, bagaimana jika seseorang mengonsumsi es teh manis 3 kali sehari setelah makan? belum lagi kandungan gula yang ada pada nasi dan lauk pauknya. Wah kebayang dong sudah berapa gram gula yang dikonsumsi? Emangnya mau, masih muda udah kena diabetes mellitus tipe II? Sudah saatnya nih kita aware pada kondisi kesehatan tubuh dengan mengontrol intake gula per harinya!

Jelas pilih air mineral, dong!

Diabetes Mellitus (DM) dikenal sebagai penyakit yang hanya menyerang usia lanjut, tetapi pernyataan ini sudah tak lagi benar sebab DM juga dijumpai pada usia muda. Angka kejadian diabetes pada anak di Indonesia naik sebesar 70x lipat pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2010, yakni mencapai 1645 anak. DM memiliki 2 tipe, yakni DM Tipe-1 dan DM Tipe-2. Pola hidup tidak sehat dan obesitas merupakan beberapa faktor penyebab DM Tipe-2. Pola hidup tidak sehat meliputi konsumsi gula berlebih dan kurang aktivitas fisik. Wah ngeri banget sih kalau masih terus terusan konsumsi es teh manis! Daripada kena DM Tipe-2, lebih baik kita cegah mulai sekarang dengan menerapkan pola hidup sehat termasuk mengganti kebiasaan minum es teh manis setelah makan dengan mengonsumsi air mineral. For your information, teh juga bisa menghambat penyerapan zat besi yang lama kelamaan bisa menyebabkan anemia lho! Udah paling bener konsumsi air mineral aja deh! nol gula, nol kalori, 100% aman. Jadi, yakin masih mau ngelanjutin kebiasaan minum es teh manis setelah makan? Yuk sayangi tubuh kita!

#UNAIR

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image