Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewa Maulana

Beberapa Tokoh Kisah Wayang Kulit di Pulau Jawa

Alkisah | Monday, 18 Dec 2023, 12:39 WIB

Indonesia adalah negara yang akan khas memiliki beberapa ragam budaya di dunia, terutama di pulau Jawa. pulau Jawa adalah yang paling populer untuk segi kebudayaan nasional dan internasional ada salah satu kebudayaan yang paling mencolok yaitu wayang. wayang adalah seni tradisional yang berisi sebuah kisah berikut beberapa kisah yang adi wayang

1. Parikesit Jumeneng Nata

Sebuah kiisah dari Parikesit beliau adalah seorang cucu dari pangeran arjuna yang menjadi pemimpin. Beliau diangkat menjadi seorang raja Hastinapura setelah berperang melawan Baratayudha di Kurawa.

2. Pakem Ringgit Madya

Dalam cerita pakem Ringgit madya ini mengisahkan adanya sang raja wafat, lalu digantikan oleh prabu jayalengkara yang naik takhta. lalu ada beberapa tokoh yang meliputi Angling darma, gandakusuma, Angling Kusuma dan merusupadma.

3. Aji Narantaka

Sebuah mengisahkan adanya perkelahian antara Gatotkaca dan dursala dalam perebutan satu kebenaran serta keadilan. Aji narantaka merupakan memeliki kesaktian yang dimiliki oleh Gatotkaca untuk berperang melawan dursala hingga tubuhnya remuk dan hancur berkeping-keping. ada nilai patriotisme di kisah ini

4. Banyu Suci Perwita Sari

Mengisahkan sebuah lakon yang menggambarkan sebuah adanya satu perebutan suatu benda ajaib yang dinamakan cupu manik astagina. Benda ini adalah benda yang sangat sakti sangat memberikan kekuatan dan dapat melihat seisi dunia serta memenuhi keinginan seseorang. Lalu benda ini di perebutkan oleh tiga bersaudara yaitu, Sugiwa, Anjani dan Subali.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image