Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Manfaat Olahraga Memanah untuk Kesehatan

Eduaksi | Monday, 18 Dec 2023, 06:24 WIB
Olahraga memanah selain bermanfaat untuk kesehatan fisik juga bermanfaat meningkatkan kesehatan mental/Foto : Halo Sehat

Olahraga merupakan salah satu terapi yang baik untuk kesehatan tubuh, selain bisa bermanfaat untuk menjaga kebugaran ternyata olahraga juga bisa untuk mengobati penyakit.

Olahraga juga bisa membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imun supaya terlindung dari bahaya virus dan bakteri.

Banyak sekali jenis olahraga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah olahraga memanah. Olahraga memanah merupakan olahraga yang sangat digemari oleh Baginda Rasulullah SAW dimana selain menjaga kesehatan juga terdapat sunah Nabi Muhammad SAW didalamnya.

Olahraga memanah juga sudah menjadi ajang olahraga dunia internasional yang dilombakan dari Olimpiade, Asian Games, Sea Games hingga PON.

Olahraga memanah juga melatih gerakan kognitif, motorik dan ketangkasan dikarenakan olahraga memanah membutuhkan konsentrasi ekstra supaya target busur mencapai target sasaran yang diharapkan. Olahraga memanah memiliki banyak manfaat bagi tubuh dari sesuatu yang terkecil sampai yang terbesar. Seseorang akan mengalami perubahan yang besar ketika rutin melakukan olahraga memanah tersebut.

Manfaat olahraga memanah antara lain : Membangun percaya diri dalam melakukan aktivitas karena harus menargetkan sasaran, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan daya focus, meningkatkan kesabaran, meningkatkan kekuatan otot tubuh karena harus menarik busur, meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari, meningkatkan koordinasi tangan, mata serta kesimbangan dan masih banyak lagi.

Olahraga memanah merupakan Sunah Rasulullah SAW yang dianjurkan sesuai pada hadist riwayat Bukhari Muslim yaitu : “”Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim). ”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim).

Ahli praktisi kesehatan Dosen Spesialis Medikal Bedah yaitu “Prima Trisna Aji” menyampaiakn bahwa olahraga memanah baik untuk kesehatan meliputi kesehatan fisik dan kesehatan mental. Kesehatan fisik meningkatkan kesehatan lahiriah dan kesehatan mental yaitu mencegah gangguan jiwa dan kepikunan. “Olahraga memanah sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental bagi mereka yang melaksanakannya, yang dimaksud kesehatan fisik adalah mencegah tubuh terserang penyakit dan meningkatkan sistem imun. Sedangkan kesehatan mental adalah mencegah seseorang mengasah otak untuk berkonsentrasi, mencegah gangguan jiwa serta mencegah kepikunan”, Ucap Prima Trisna Aji kepada redaksi.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, bukan berarti olahraga memanah tidak mempunyai efek samping. Seseorang yang baru belajar olahraga memanah harus mengerti bahwa Olahraga memanah bisa menyebabkan cedera otot apabila tidak diimbangi dengan pemanasan yang cukup.

Sangat dianjurkan bagi seseorang yang baru belajar menjadi pemanah pemula dipandu oleh instruktur terlebih dahulu. Maka dari itu untuk pentingnya melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga memanah. *Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image