Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Markies Diana Desy Maharani

Teknologi Microgrid sebagai Solusi Energi Berkelanjutan di Daerah Terpencil

Teknologi | Saturday, 16 Dec 2023, 09:02 WIB
https://images.app.goo.gl/skKxBRQJkueopYEXA

Teknologi microgrid kini tengah menjadi perhatian dalam upaya penyediaan solusi energi berkelanjutan di daerah terpencil yang selama ini sulit terhubung ke jalur kabel transmisi listrik konvensional.

Microgrid adalah jaringan distribusi energi lokal dengan sumber energi terbarukan yang dapat beroperasi mandiri atau terhubung ke jaringan listrik utama. Microgrid umumnya terdiri dari peralatan pembangkit energi, seperti panel surya, turbin angin, atau generator diesel dalam skala kecil, serta sistem kontrol dan manajemen distribusi energi secara otomatis.

Microgrid dinilai lebih fleksibel karena dapat dibangun dan dioperasikan menyesuaikan kebutuhan masing-masing daerah. Selain itu, microgrid juga lebih andal karena bisa terus beroperasi walaupun terputus dari jaringan utama. Biaya pembangunan dan operasional microgrid juga lebih ekonomis dibanding membangun jaringan transmisi konvensional ke pelosok.

Beberapa studi telah menunjukkan manfaat penerapan teknologi microgrid di daerah terpencil. Di pulau terluar Indonesia misalnya, penggunaan microgrid surya telah berhasil menyediakan listrik 24 jam bagi warga setempat. Demikian pula di desa-desa pedalaman Papua, microgrid angin-surya juga dinilai sebagai alternatif murah untuk menghadirkan akses listrik pertama kali bagi warga.

Meski demikian dalam implementasinya, teknologi microgrid masih menghadapi beberapa tantangan, terutama terkait pembiayaan, kelembagaan pengelola, dan peningkatan kapasitas SDM lokal. Diperlukan dukungan pemerintah dan kerjasama multi-pihak untuk mengatasi tantangan tersebut agar potensi microgrid untuk memacu pembangunan berkelanjutan di pelosok dapat terwujud secara optimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image