Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nabila Putri Yusuf

Love Yourselft : Atasi Insecure Mu dengan Self-Love !!!

Ekspresi | Saturday, 16 Dec 2023, 08:37 WIB

“Kok aku ga secantik dia ya?” , “Kenapa aku ga sepinter dia?” , “Aku kok gendut banget” , “Kulit aku gelap banget” , “Banyak banget jerawat, kapan mulusnya?”. Menjadi seorang yang insecure bukan berarti menjadi orang yang lemah bukan?. Kadang insecure sangat di perlukan untuk menumbukan rasa motivasi diri agar dapat memperbaiki diri menjadi yang lebih baik. Tau kah kamu bahwa insecure itu tidak salah, tapi perkataan orang-orang yang menyakitkan hati yang salah.

Banyak orang yang beranggapan bahwa orang-orang yang insecure adalah orang yang tidak bersyukur dengan pemberian tuhan. Padahal menjadi seorang yang insecure bukan keinginan kita. Jadi apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi rasa insecure tersebut?. Apakah kita harus menjadi apa yang orang lain mau? atau cukup menjadi diri sendiri dengan menerapkan perilaku self-love?. Sebelumnya mari kita ketahui lebih dahulu apa itu insecure.

Insecure

Kata insecure berasal dari bahasa Inggris yang meliputi kurangnya kepercayaan diri, tidak aman dari bahaya, dan rasa ketidak mampuan terhadap sesuatu hal. Insecure juga merupakan rasa kecemasan yang mengacu pada perasaan orang dengan harga diri rendah, perasaan takut dan malu.

Setelah kita mengetahui pengertian dari insecure, kita jadi lebih tau apa yang harus kita lakukann bukan? kita tidak perlu menjadi apa yang orang lain mau tetapi kita bisa mengatasi rasa insecure tersebut dengan menerapkan perilaku self-love. Jadi apa ajasi cara mengatasinya? yuk kita simak bareng-bareng!

Mengatasi Insecure dengan Self-Love

Apa itu self-love? istilah self-love diartikan sebagai keadaan di mana kita dapat menghargai diri sendiri, kita mampu mengapresiasi diri sendiri, dan kita mampu untuk mencintai diri sendiri. Misalnya, kamu bisa mulai menerima kelebihan dan kekurangan kamu, lebih fokus pada tujuan hidup, dan menjalani kehidupan yang bahagia dari hasil usaha yang sudah kamu lakukan. Selain itu self-love juga merupakan keadaan apresiasi terhadap diri sendiri yang bersifat dinamis, yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual kita, atau yang bisa diartikan sebagai tindakan yang membuat kita dewasa.

Setelah tahu definisi self-love, yuk atasi insecure mu dengan self-love. Berikut cara menerapkan self-love di kehidupan sehari-hari kita :

1. Mendorong Sikap Percaya Diri atau Self Esteem

Percaya diri adalah kemampuan yang ada dalam diri untuk menerima diri apa adanya, memahami diri apa adanya, dan yakin mampu untuk melakukan banyak hal dengan baik.

2. Kenali Diri dengan Lebih Baik

Tanyakan pada diri kamu apa tujuan hidup yang ingin kamu capai, impian apa yang ingin kamu capai, apa ketakutan terbesar kamu, dan kekuatan apa yang membuat kamu lebih energik untuk melawan arus kehidupan. Cintai dirimu sendiri terlebih dahulu sebelum kamu mencintai orang lain.

3. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Daripada membandingkan diri sendiri dengan orang lain, lebih baik fokus mengejar tujuan dan impian yang ingin dicapai.

4. Tidak Memikirkan Perkataan Orang Lain

Perkataan orang lain memang tidak semuanya baik dan menyenangkan hati, perkataan yang menyakitkan hati ada baiknya di jadikan motivasi untuk menjadi lebih baik.

5. Kenali Ketakutan Bukan Menjauhinya

Setiap orang pasti mempunyai rasa takut di dalam dirinya, tapi jangan biarkan rasa takut itu bertahan terlalu lama. Kamu harus mampu mengatasi rasa takut yang ada dalam diri kamu agar kamu menjadi lebih kuat dan mampu mengendalikan diri kamu.

6. Menjaga Gaya Hidup dan Gaya Hidup Positif

Menjalani gaya hidup positif merupakan hal yang penting untuk menerapkan self-love. Gimanasi caranya? dengan kamu menjaga kesehatan tubuh, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan yang bergizi, banyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan menjaga mood agar tetap stabil.

7. Berani untuk Mengatakan Tidak

Mengatakan tidak bukan berarti tidak berani mengambil resiko atas apa yang akan dilakukan. Berkata tidak sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari hal-hal yang membuat diri sendiri tidak nyaman dan menjadi terbebani.

Sobat, kita semua pernah berada di titik insecure dan lelah dengan perkataan orang yang membuat rasa insecure semakin menjadi- jadi. Tapi jangan khawatir rasa insecure bisa kok mengubah kecemasan dan ketidak nyamanan menjadi suatu hal yang berharga dan bermakna. Maka dari itu, yuk mulai sekarang kita terapkan perilaku self-love agar kehidupan lebih menyenangkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image