Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image FICKO SEPTREGA PUTRA

Pembangunan Ibu Kota Nusantara : Menuju Pemerataan Infrastruktur dan Kota Hijau Yang Penuh Inovasi

Teknologi | Saturday, 16 Dec 2023, 02:02 WIB
Source : Google

Pemindahan ibu kota negara yang dilakukan oleh presiden jokowi merupakan satu langkah yang besar yang akan mempengaruhi administrasi pemerintah, serta akan memberikant peluang mengembangkan wilayah baru dan mewujudkan mimpi membangun kota hijau pintar dan paling ramah lingkungan didunia.

Pemindahan ibu kota ini adalah keputusan yang strategis yang diambil pemerintah untuk mengurangi beban jakarta yang terlalu besar. Kota jakarta sudah terlalu banyak masalah seperti kemacetan, polusi udara, banjir, kepadatan penduduk yang sulit diatasi. Selain itu pemindahan ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan dan mendistribusikan ekonomi supaya tidak hanya jawa sentris namun juga indonesia sentris.

Pembangunan IKN dilakukan dengan perencanaan infrastruktur yang sangat cermat. Pembangunan gedung pemerintahan, jalan raya, transportrasi umum, ketersedian air bersih merupakan fokus utama. Selain itu pemerintah juga akan fokus pada energi terbarukan dan teknologi hijau guna menciptakan IKN yang zero carbon. Pemerintah juga berencana hanya akan ada kendaraan listrik yang bisa masuk IKN. Akan ada taksi terbang serta banyak lagi teknologi canggih yang akan dipakai di IKN.

Pemindahan ibu kota ini bukan hanya tentang pemindahan pusat pemerintahan semata, namun juga akan berdampak pada perkembangan ekonomi lokal. Akan ada banyak program program pelatihan dan pengembangan ekonomi lokal untuk meningkatkan keterampilan peluang pekerjaan bagi warga setempat. Hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

IKN ini dibangun di lahan hutan industri, yang hanya ada satu jenis pohon disitu. Pemerintah berencana hanya akan memakai 25% untuk pembangunan dan 65% akan diubah menjadi hutan tropis. Upaya pemerintah untuk tetap menjaga kelestarian hutan, penanganan limbah, serta pelestarian budaya menjadi bagian penting dalam perencanaan pembangunan untuk keberlanjutan dan keberagaman IKN.

Penting bagi pemerintah melibatkan masyarakat dalam pembangunan IKN ini. Perlu edukasi dan dialog tentang apa dampak yang akan di dapat masyarakat setelah pembungan IKN. Pemerintah juga harus mendengar kebutuhan masyarakat guna menciptakan rasa kepemilikan bersama terhadap proyek ini.

Pemindahan Ibu Kota Nusantara menciptakan peluang besar untuk mengubah wajah indonesia dimata dunia dan mendorong keberlanjutan pembangunan. Dengan fokus pada infrastruktur berkelanjutan, penggunaan energi terbarukan, dan pelestarian lingkungan, proyek ini diharapkan menjadi tonggak baru untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan infrastruktur serta mendorong misi indonesia emas 2045.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image