Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syifa Mutmainnah Kusumah

Tips dan Trik Mengatasi People Pleaser

Edukasi | Friday, 15 Dec 2023, 08:57 WIB

People Pleaser adalah salah satu sikap ngga enakan atau takut untuk menolak sesuatu. Sifat people pleasure ini bukan suatu hal yang baru untuk kita, melainkan sudah menjadi sesuatu hal yang sering terjadi pada setiap individu. Kemudian dalm sikap people pleser ini munculah suatu pertanyaan

Apakah people pleaser ini baik untuk kita?

Jawabannya adalah tidak, karena mereka yang memiliki sikap ngga enakan dan tidak berani untuk menolak sesuatu adalah sifat yang dapat merugikan diri sendiri. Setiap sikap ngga enakan malah akan membuat orang lain menjadi seenaknya kepada kita.

Hal yang dapat merugikan setiap orang yang memiliki sifat people pleaser, diantaranya :

1. Stuck atau berdiam diri tanpa menginginkan kemajuan diri.

2. Memiliki kecemasan atau ketakutan dalam menolak sesuatu

3. Seringkali memendam emosi.

4. Selalu memiliki rasa bersalah pada setiap orang.

Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk menghindari atau menghilangkan people pleaser ini?

1. Mulai mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri adalah hal yang paling mendasar untuk kita dapat menghilangkan perasaan ngga enakan yang ada dalam diri kita. Setiap orang yang sudah mencintai dirinya sendiri, tentu dia tau apa yang seharusnya dilakukan atas dasar rasa suka atau apa yang tidak harus dilakukan karena bukan keinginannya.

2. Belajar Menolak Sejak Sekarang

Menolak sesuatu hal yang tidak kita inginkan bukanlah sesuatu hal yang salah, melainkan keharusan untuk membebaskan diri dari tekanan rasa tidak enakan.

3. Mulai membahagiakan diri sendiri

Membahagiakan diri sendiri adalah prioritas utama dalam menjalani kehidupan. Jika bukan kita, maka siapa lagi yang akan membahagiakan kita?

4. Membangun kesadaran diri

Ketika kita memiliki kesadaran akan diri kita sendiri, tentu kita akan tau tujuan kita hidup untuk apa. Selain itu kesadaran diri juga akan membangun ketegasan maupun keberanian kita dalam menolak sesuatu.

Nah itu dia Tips & Trik untuk menghindari bahkan menghilangkan sifat people pleasure yang ada dalam diri kita. Semoga apa yang dismpaikan dapat membantu dan merubah mindset teman-teman agar lebih menyayangi dan memperhatikan diri sendiri sebelum pada orang lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image