Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Charla Aprilly

Jadi Negara Maju dan Menjadi High Income Country Jika Ekonomi Indonesia Tumbuh Di Kisaran 7 Persen

Info Terkini | Thursday, 14 Dec 2023, 20:59 WIB
Sumber Gambar : https://pixabay.com/photos/arrows-tendency-businesswoman-woman-2167840/

Saat ini Indonesia memiliki keadaan pertumbuhan ekonomi yang stabil. Bahkan terbukti dari data kemenkeu, pada kuartal ketiga tahun 2023, Produk Domestik Bruto mengalami pertumbuhan yang terus positif yaitu di angka 4,94% dibanding sebelumnya. Indonesia juga masih mampu untuk mempertahankan performa ekonomi yang relatif kuat, meskipun pertumbuhan ini lebih lambat dibanding periode sebelumnya.

Namun tidak mungkin usaha pemerintah untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi sampai disini saja. Pemerintah juga memiliki target kedepannya untuk menjadikan negara Indonesia menjadi negara maju meskipun hal tersebut tidak mudah. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan usaha dengan cara transformasi perekonomian Indonesia hingga mencapai target untuk menjadi high income country.

Untuk menjadikan Indonesia negara maju perlu dan harus keadaan perekonomian negara tumbuh di kisaran 7 persen agar dapat mencapai target menjadi high income country pada tahun 2024. Namun dalam mencapai target tentu akan banyak tantangan yang harus dihadapi, maka pemerintah juga mulai siap menghadapinya seperti masalah inflasi yang tinggi, krisis keuangan global, geopolitik dan banyak masalah lainnya.

Bahkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan " Jadi untuk mencapai pertumbuhan 6 hingga 7 persen ini tentunya memerlukan kombinasi kebijakan fiskal, tidak boleh hanya bersumber dari sumber daya pemerintah saja. Indonesia tidak bisa memiliki pertumbuhan yang tinggi dengan defisit yang tinggi juga. Sehingga hal ini tidak akan berkelanjutan. Meski keadaan baik-baik saja saat ini atau dalam jangka pendek, tetapi akan tidak baik-baik saja dalam jangka menengah kedepannya".

Kemajuan negara Indonesia tidak lepas dilihat dari segi pertumbuhan ekonominya. Karena hal tersebut sangat penting, seperti saat ini APBN berperan penting dalam menjaga stabilitas nasional dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang optimal. APBN ini menjadi salah satu solusi untuk membantu masyarakat serta mampu merespon berbagai ketidakpastian perekonomian global.

Untuk mencapai tujuan menjadi high income counrty pemerintah akan terus berjuang meningkatkan komitmen dengan berbagai cara yang ampuh seperti penerapan kebijakan fiskal, kerjasama pembangunan infrastruktur dengan sektor swasta, pengelolaa dan penggunaan APBN yang tepat, dan meningkatkan SDM melalui anggaran pendidikan yang dialokasikan minimal 20 persen dari APBN. Semua usaha ini akan berpengaruh sekali bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi negara hingga mencapai 7 persen.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image