Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SANG HUN KANG

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Parenting | Wednesday, 13 Dec 2023, 11:47 WIB
Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi. Foto: pixabay.com

Perut kembung sering kali membuat bayi tidak nyaman. Bayi bisa rewel dan terus-terusan menangis apabila tidak nyaman karena perutnya penuh dengan gas. Tapi, tahukah Anda dari mana asal gas di perut bayi?

Dikutip dari Medical News Today, perut kembung pada bayi bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya karena bayi baru selesai menyusu, menelan udara terlalu banyak, hingga menangis berlebihan.

Saat bayi kembung, gelembung-gelembung kecil timbul di perut atau ususnya. Kadang hal ini menyebabkan bayi sulit tidur hingga menangis berjam-jam. Kendati demikian, tidak semua bayi kembung menjadi rewel kok, Moms.

Kondisi ini juga normal terjadi pada bayi dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Berikut beberapa hal yang menyebabkan bayi kembung:

-Menelan Udara

Bayi dapat menelan udara jika mereka tidak menyusu dengan posisi yang tepat pada payudara atau jika mereka minum dari botol dengan posisi tertentu. Mereka bahkan bisa menelan udara hanya karena mencoba belajar bicara.

-Menangis Berlebihan

Selain karena makan atau belajar bicara, bayi juga bisa menelan udara saat menangis. Namun, sulit untuk mengetahui apakah gas menyebabkan bayi menangis atau menangis menyebabkan bayi kembung.

-Masalah Pencernaan Ringan

Bayi mungkin kembung saat mengalami konstipasi atau sembelit. Perut bayi juga bisa kembung karena refluks asam.

-Saluran Pencernaan yang Belum Matang

Si kecil juga bisa kembung karena tubuh mereka sedang belajar mencerna makanan. Hal itu membuat bayi cenderung mengeluarkan lebih banyak gas dibandingkan orang dewasa.

-Virus Saluran Pencernaan

Virus di saluran pencernaan juga dapat menyebabkan kembung. Selain kembung, virus di perut juga bisa membuat bayi muntah dan diare.

Terkadang virus menyebabkan masalah perut, seperti:

-Menu Makanan Baru

Makanan baru dapat menyebabkan gas. Bagi beberapa bayi, sering buang angin mungkin merupakan tanda kepekaan terhadap makanan.

Ilustrasi bayi Foto sumber: pixabay.com
Perlukah Bawa Bayi ke Dokter saat Kembung?

Jawabanya tidak. Anda bisa mengatasi masalah perut kembung dengan beberapa cara sederhana di rumah. Pengobatan rumahan dapat membantu menenangkan bayi dan membantu gelembung gas keluar lebih cepat dari tubuh.

-Gerakkan Kaki Membentuk Lingkaran

Anda dapat membaringkan si kecil dengan posisi telentang dan mengangkat kakinya dengan lutut ditekuk. Menggerakan kaki seperti gerakan bersepeda dapat membantu bayi mengeluarkan gas yang terperangkap.

-Angkat Kepalanya

Meninggikan kepala bayi di atas perutnya dapat meredakan gas, serta menahannya dalam posisi tegak untuk bersendawa.

-Peluk Menghadap ke Bawah

Anda dapat mencoba menggendong dengan posisi bayi menghadap ke bawah. Kemudian topang kepala bayi dan sedikit meninggikannya. Pastikan tidak ada yang menutupi wajah atau hidung bayi.

-Sendawakan

Bersendawa merupakan salah satu cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Anda dapat membuat bayi bersendawa dengan menggosok atau menepuk punggungnya dengan lembut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image