Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Inilah Makanan Penting yang Dapat Membantu Cegah Dehidrasi

Gaya Hidup | Monday, 11 Dec 2023, 14:19 WIB
Konsumsi buah segar dapat membantu menghidrasi tubuh. Foto: Tahta Aidilla/Republika via republika.co.id.

MESKI tidak ada makanan tertentu yang dapat menyembuhkan penyakit, mengkonsumsi jenis makanan yang tepat setidaknya dapat meredakan gejala yang timbul dari serangan penyakit dan sekaligus membantu tubuh kita merasa lebih baik.

Namun, perlu diingat bahwa apa yang cocok untuk satu individu mungkin saja kurang/tidak cocok untuk yang lainnya.

Beberapa penyakit menyebabkan penderitanya mengalami ancaman dehidrasi.

Dehidrasi sedang hingga berat membutuhkan tindakan medis yang cepat. Jika tidak ditangani, dehidrasi dapat menyebabkan masalah saluran kemih atau ginjal, kejang, dan bahkan dapat mengancam jiwa.

Dehidrasi adalah salah satu alasan terbesar mengapa orang harus masuk ke ruang gawat darurat saat mereka sakit.

Lalu, bagaimana untuk mengatasinya?

Andrea Dunn, ahli gizi dari Cleveland Clinic, memberi tip ihwal apa yang perlu kita konsumsi saat muncul ancaman dehindrasi sehingga kita bisa segera menghindarinya.

1. Minuman

Tidak jadi soal panas, dingin, atau bersuhu sedang, semua jenis cairan akan membantu mengatasi dehidrasi. Cobalah untuk menyesap cairan terus menerus sepanjang hari. Bisa air mineral biasa, minuman elektrolit atau minuman olahraga, kopi, teh, jus, soda atau air berkarbonasi.

2. Sup

Ada alasan mengapa mie ayam menjadi makanan favorit kebanyakan orang ketika mereka merasa tidak enak badan. Ini biasanya lebih mengenyangkan daripada air biasa karena mengandung lebih banyak kalori, protein, dan vitamin. Ini juga merupakan sumber cairan dan elektrolit yang baik. Tapi, coba pula sup tradisional. Atau sup kaldu untuk menambah kalori dan hidrasi. Secara umum, sup dapat berfungsi sebagai dekongesti alami saat disajikan panas.

3. Makanan yang sebagian besar berbentuk cair

Jika kesulitan minum cairan, pilih makanan yang mengandung banyak cairan, tetapi disajikan dingin atau beku. Cobalah makanan seperti es krim, es loli, Jell-O, dan puding.

4. Buah-buahan

Buah segar mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang dibutuhkan tubuh. Bahkan saat kita sedang tidak sakit sekalipun! Makan buah saat sedang merasa tidak enak badan dapat memberikan sokongan nutrisi, serta hidrasi. Konsumsilah buah-buahan berair, seperti melon, beri, jeruk, dan anggur.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image