Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

Upaya Persib Menebus Poin Yang Hilang

Olahraga | Saturday, 09 Dec 2023, 12:30 WIB

Pertemuan dengan Persik kali ini berlangsung di Stadion GBLA Kota Bandung (10/12)yang artinya di bulan Desember ini ada pertandingan kandang beruntun yang dilakukan oleh Persib. Saat ini Persib memang belum terkalahkan. Tetapi dalam jajaran empat besar klasemen posisi Maung Bandung terancam oleh tim-tim yang ada di bawahnya. Artinya pada pertandingan kali ini harus meraih poin sempurna.

Pertandingan Persib vs Persik menentukan posisi Maung Bandung di empat besar klasemen (Foto : Republika.co.id/ANTARA--Prasetia Fauzani)

Selepas ditahan imbang PSM minggu lalu berarti ada tugas berat yang diemban oleh Bojan Hodak dan pasukannya. Pertama, jelas harus memenangkan pertandingan kali ini (10/12) malam nanti dengan tidak menganggap enteng lawan yang berada di posisi 7 klasemen karena performa kesebelasan berjuluk Macan Putih ini kini tren sedang baik karena jika menang berarti mereka bisa naik ke posisi enam atau lima dan mereka memiliki peluang bersaing di empat besar asalkan bisa stabil dalam permainannya.Jika kalah atau seri maka Maung Bandung posisinya akan bisa disalip tim lain.

Kedua, dua pemain rekrutan baru Persib Bandung, Stefano Beltrame dan Kevin Ray Mendoza Hansen mesti bisa membuktikan jika mereka adalah pemain yang bisa diandalkan. Khususnya Stefano Beltrame jika diturnkan cukup waktu oleh pelatih asal Kroasia ini haus memberi warna bagi permainan Pangerfan Biru karena bobotoh sudah kadung mneyukai Levy Madinda. Pada pertandingan melawan PSM, Stefano Beltrame memang menjanjjikan namun yang bersangkutan masih perlu adaptasi serta diberi waktu cukup untuk bisa membuktikan kepiawaiannya sebagai gelandang serang yang diandalkan.

Persik memang dalam dua pertandingan terakhir mampu meraih nilai yang cukup baik yaitu mampu mengalahkan Arema FC di kandangnya tetapi malah ditahan imbang oleh Dewa United di kendang sendiri. Dengan hasil ini berarti Persik datang ke Kota Bandung dengan ambisi besar yaitu mengalahkan Persib untuk meraih poin sempurna. Dengan begitu sama seperti Maung Bandung yang akan berusaha mendapatkan poin tiga karena pada pertandingan sebelumnya berakhir imbang. Hal ini tentu akan dihindari Persib yang tentunya di hadapan bobotoh akan bertanding habis-habisan untuk bisa memenangkan pertandingan.

Pertandingan yang digelar Minggu malam ini jelas mempertemukan dua tim yang dalam beberapa pertandingan ini memiliki rekor yang cukup bagus. Persib Bandung pun jelas ingin memenangkan pertandingan ini agar aman di empat besar, tidak malu di hadapan bobotoh dan ingin mengukir rekor tak terkalahkan selama 15 pertandingan. Rasanya tentu saja itu bisa diwujudkan oleh Beckham Putra dan kawan-kawan.

Kehadiran duet Nick Kuipers dan Alberto Rodriguez jelas membuat pertahanan Persib bisa kokoh dan akan tampil gawang untuk menyelamatkan yang mungkin Kevin Mendoza untuk pertama kali akan bermain. Tetapi jelas yang akan menjadi perhatian adalah beranikah Bojan Hodak menurunkan Stefano Beltrame dari menit pertama sampai akhir pertandingan guna membantu Beckham Putra dan Marc Klok mengawal lapangan tengah Maung Bandung. Sewaktu melawan PSM lini tengah ini yang kemarin kerepotan karena mampu diredam tim Juku Eja sehingga aliran bola ke depan menjadi tersendat walaupun ada peluang David Da Silva dan Ciro Alves bisa menciptakan gol. Jadi perubahan mesti dilakukan agar harapan meraih poin tiga dapat diwujudkan saat melawan Persik.

Sementara itu, Persik datang ke Bandung bukan untuk sekedar menjadi tim yang dikalahkan oleh tuan rumah. Tim berjuluk Macan Putih ini akan berusaha berjuang habis-habisan untuk bisa mengalahkan Persib karena pada putaran pertama lalu, tim asuhan Marcelo Rospide asal Brasil ini kalah 1-2 dari Maung Bandung. Maka tentunya di pertandingan kali ini mereka tak mau kalah setidaknya mereka akan berupaya bisa menahan imbang seperti yang dilakukan PSM minggu lalu.

Anderson, Renan Silva, Irfan Bachdim, Flavio Silva dan Rohit Chand akan bahu membahu memperlihatkan kekuatan nyata. Tentu saja kesemua lini yang dimiliki Persib termasuk merata dan rasanya akan mampu menandingi strategi Persib yang diterapkan Bojan Hodak. Dengan kepercayaan tinggi, tim Macam Putih yang belum terkalahkan saat ini maka bisa jadi akan merepotkan punggawa Maung Bandung karena mereka tentu akan bermain terbuka untuk tifdak kehilangan poin di kandang lawan.

Memang tuan rumah sedikit diuntungkan karena bermain di hadapan bobotoh. Tetapi jika terlalu yakin apalagi tidak bermain dengan konsentrasi penuh maka bisa dipastikan bisa saja keunggulan diambil tim lawan. Karenanya Bojan Hodak haus bisa memilih pemain yang pas untuk bermain kali ini agar raihan tiga poin yang diharapkan akan mampu diwujudkannya dengan gol-gol para strikernya dan kalaupun persib menang tentu dengan skor yang tipis.

Tentu saja pertandingan ini pantas dinantikan karena bakal menjadi pertarungan yang menarik. Bagi yang mungkin bisa menonton di stadion dengan tiket di tangan silakan pergi ke sana. Namun yang tidak memiliki tiket sebaiknya nonton saja di layar televisi karena keseruannya pun takkan berkurang seraya menebak-nbak, siapakah yang akan jadi pemenangnya ?***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image