Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

Mengukur Kemanfaatan Tulisan Kita di Mata Pembaca

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 09 Dec 2023, 11:18 WIB

Pernahkah kita tahu betapa besar manfaat tulisan kita untuk orang lain ? Bisa jadi ada yang memang tahu dan juga banyak yang tidak tahu. Tetapi setiap tulisan kita sebenarnya bukan saja membanggakan karena banyak viewernya melainkan yang paling baik adalah memberi kemanfaatan yang nyata bagi orang yang membacanya.

Menulis adalah salah upaya memberikan kebermanfaatan bagi pembaca (Foto :Republika.co.id)

Oleh karena itu, sangat dianjurkan sekali bahwa seorang penulis mesti menulis sesuatu yang baik untuk kehidupan. Artinya, sebagai penulis mesti menyebarkan tulisan yang bernilai positif dan isi tulisan tersebut memang ada ajakan nilai kebaikan kepada orang-orangnya. Jika dalam tulisan mengajak orang kepada kebaikan maka tentunya apa yang kita tulis bada frame yang baik dan dampak positif selain kepada pembaca juga bagi penulisnya.

Dapat dibayangkan jika tulisan yang kita hasilkan justeru di dalamnya mengandung unsur negatif yang dapat memberikan efek negatif kepada yang membacanya maka bisa jadi tulisan yang dihasilkan oleh kita berarti buruk untuk pembaca. Ada kekhawatiran pembaca setelah membaca tulisan kita malah mengikuti apa yang dituliskan oleh kita. Jika dari tulisan berisi hal negatif yang disebar luaskan oleh kita selaku penulis maka tentu penulis mesti bertanggung jawab atas semua ini.

Karenanya, tanamkan dalam diri setiap tulisan yang dihasilkan mestilah mampu memberikan kebaikan kepada pembacanya. Walaupun bisa jadi viewernya sedikit bahkan mungkin tulisan kita pun tak mendapatkan apresiasi. Tetapi percayalah, tulisan yang di dalamnya memiliki semangat kebaikan takkan pernah tak bermakna, di mana tulisan itu tetap selalu saja ada manfaatnya.

Barangkali banyak bertebaran tulisan yang sebenarnya sederhana dalam penyampaiannya namun karena bobot tulisannya bagus, inspiratif, motivatif dan memberikan pengetahuan maka tulisan tersebut menjadi memiliki nilai yang berarti bagi pembacanya. Oleh sebab itu maka sangat disarankan sebagai penulis yang baik tetap menghasilkan karya-karya terbaiknya untuk dibaca banyak orang.

Jika hasil karya dalam tulisan bernilai baik dan banyak manfaatnya apalagi banyak yang membacanya jelas hal ini adalah prestasi tersendiri bagi penulisnya apalagi jika tulisan mampu menginspirasi dan memotivasi bagi orang-orang untuk berubah ke arah yang lebih baik maka tulisan yang dihasilkan pengaruhnya cukup besar. Semakin banyak orang yang berubah ke arah yang lebih baik berarti penulis tersebut telah memberikan nilai manfaat yang begitu berharga kepada pembaca yang telah membaca tulisannya.

Tulisan yang baik dan memberikan kemanfaatan bagi pembaca hanya akan lahir dari penulis yang memiliki tujuan mulia. Tulisannya tidak sekedar berharap banyak pembacanya atau lolos kurasi semata melainkan tulisan tersebut mesti banyak manfaatnya untuk pembaca. Sesungguhnya inilah kebanggaan yang tak ternilai harganya. Mungkin bisa saja ada pembaca yang memberikan komentar pada tulisan kita dengan apa yang telah kita tulisan tetapi jumlahnya terbatas. Bisa jadi justeru di luar itu sebenarnya mereka telah merasakan manfaat dari tulisan kita, hanya saja mereka tak menceritakannya.

Tentu saja hal ini sangat membutuhkan kesabaran dan kebaikan dari penulisnya sendiri. Menghasilkan tulisan yang baik dan banyak memberi manfaat bagi pembaca memang bukan perkara mudah. Tetapi dengan kita mampu menghasilkan tulisan yang baik apalagi memberi manfaat bagi pembaca maka tulisan kita sendiri bisa jadi akan dibutuhkan banyak orang. Misalkan kita menulis tips-tips ringan tentang kehidupan. Kalau itu membantu maka jelas akan memberikan kemanfaatan.

Oleh sebab itu, menulislah yang kira-kira baik dan akan memberi manfaat kepada pembaca. Ingat kita menulis mesti dipertanggung jawabkan di hadapan Tuhan sebab jika menulis yang jelek dan mengandung unsur negatif berarti kita sendiri telah mengajak orang untuk berbuat keburukan. Hal ini perlu dihindari karena tulisan yang baik tentu akan selalu memberikan kebaikan yang tentunya bermanfaat bagi siapa saja. Penulis bekerja menghasilkan karya dengan pemikirannya sehingga karya yang dihasilkan diarahkan kepada pemikiran pembaca, apakah akan menjadi baik atau sebaliknya menjadi buruk karenanya.

Seyogyanya penulis yang baik adalah yang selalu memiliki keinginaan berbagi kebaikan dengan pembacanya un tuk mengubah mereka ke arah yang lebih baik. Semoga saja ikhtiar penulis yang memiliki tujuan mulia bisa tercapai dengan sendirinya dan setiap tulisan yang dihasilkan akan terus membefi manfaat yang tak ternilai harganya dan itulah harta terbesar yang nantinya akan didapatkan oleh seorang penulis.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image