Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Imawan Anshari

Halal Fair 2023 Hadir dengan 9 Fakta Menarik

Info Terkini | Saturday, 09 Dec 2023, 06:10 WIB
Prosesi pengguntingan pita sebagai tanda pembukaan Halal Fair 2023 - (Gambar Pribadi)

Belakangan ini, perkembangan halal lifestyle yang menjunjung tinggi prinsip produk halal telah berkembang sangat pesat. Dalam hal ini, kata "halal" mengacu pada beragam produk yang sesuai dengan aturan dan prinsip-prinsip Islam, tidak hanya berfokus pada produk makanan dan minumanan saja, tetapi juga pada berbagai aspek lainnya.

Kini semakin banyak sektor yang telah bergerak maju untuk memenuhi permintaan pasar dengan meluncurkan produk dan layanan yang halal sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal ini pun akhirnya mendorong perkembangan yang signifikan dalam berbagai industri untuk menghadirkan produk halal, seperti produk makanan, minuman, fashion, kosmetik, pariwisata, hingga produk keuangan.

Tingginya perkembangan halal lifestyle ini tidak lepas dari banyaknya jumlah penduduk muslim di Indonesia. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki populasi muslim terbesar di dunia, sehingga permintaan akan produk halal terus meningkat, bahkan gaya hidup halal ini telah menjadi tren yang turut mendukung pertumbuhan industri halal di Indonesia.

Islam mewajibkan umatnya untuk hidup sesuai dengan ajaran-ajarannya, termasuk dalam hal menggunakan berbagai produk yang halal. Sehingga, gaya hidup halal menjadi penting bagi umat muslim di Indonesia. Dan untuk mendukung perkembangan gaya hidup halal ini, maka kini Halal Fair 2023 kembali digelar.

Halal Fair 2023 Digelar selama 3 Hari

Pameran Halal Fair Series ini merupakan sebuah pameran terbesar di bidang industri gaya hidup syariah dan halal di Indonesia yang mencakup semua sektor. Pada pameran ini kita bisa melihat secara jelas, bahwa Islam sejatinya bukan sebatas ajaran agama saja, namun nilai-nilai Islam dapat masuk pada berbagai lini bisnis dan kehidupan kita sehari-hari.

Pameran seperti ini bukan baru pertama kali digelar, bahkan pada tahun 2019 dan 2022, acara pameran ini sudah digelar dengan nama Halal Indonesia Expo (HIEX) dengan total pengunjung yang cukup besar, sekitar 47.000 orang. Tahun ini, dilakukan re-branding menjadi Halal Fair - Halal Indonesia International Trade Show (HIITS).

Dan gelaran pameran Halal Fair yang diselenggarakan oleh Wahyu Promo Citra ini sudah resmi dibuka pada Jumat (8/12/2023) oleh Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta, Bapak Tito Maulana. Event ini akan berlangsung selama 3 hari mulai 8-10 Desember 2023 di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang.

Halal Fair berlangsung selama 3 hari di Hall 3 Ice BSD - (Gambar Pribadi)

Berkonjungsi dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS), pameran ini mengangkat slogan The Most Inspiring Halal Event yang memadukan konsep Business to Customer (B2C) dan Business to Business (B2B) di dalamnya.

Dalam sambutannya, Bapak Tito Maulana mengapresiasi komitmen dan konsistensi Wahyu Promo Citra yang menggelar Halal Fair Series sejak 2019. Menurutnya, event ini menjadi wahana strategis untuk mewujudkan pasar produk halal yang kondusif, memperkuat ekosistem halal, sekaligus berkontribusi bagi pengembangan UMKM halal.

“Saya berharap Halal Fair & Halal Indonesia International Trade Show 2023 dapat mendorong akselerasi pengembangan UMKM untuk go global sekaligus memperkuat industri halal di tanah air. Jika industri halal kuat, maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi,” Ujar Bapak Tito Maulana.

Dan lebih lanjut, Bapak Satrio Sukur selaku Project Director Wahyu Promo Citra mengatakan bahwa event ini menjadi momentum tampilnya produk-produk UMKM lokal berkualitas yang bisa memberikan solusi dan pilihan yang tepat bagi konsumen.

“Ekosistem ekonomi halal harus kita perkuat, salah satunya dengan penyelenggaraan event yang dapat mendorong berkembangnya gaya hidup halal dan membangkitkan kembali kesadaran khususnya bagi pelaku usaha untuk lebih meningkatkan kapasitas usahanya, khususnya pengurusan sertifikasi halal,” ungkap Bapak Satrio Sukur.

Selama penyelenggaran Halal Fair–HIITS 2023, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) siap memberikan konsultasi dan pelayanan sertifikasi halal secara gratis. Juga, memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk memperluas jejaring melalui kerja sama kemitraan dengan pelaku usaha lainnya di dalam dan luar negeri.

Tak hanya itu, bagi masyarakat yang berkunjung pada gelaran Halal Fair Tangerang 2023 ini pun akan disuguhkan banyak promo menarik, kuis berhadiah, serta ada berbagai fakta menarik yang sengaja disuguhkan untuk memanjakan pengunjungnya.

Fakta Menarik di Halal Fair 2023

Gelaran pameran Halal Fair - Halal Indonesia International Trade Show (HIITS) ini merupakan pameran halal pamungkas untuk tahun 2023 ini, diselenggarakan dengan skala yang lebih besar dari pameran sebelumnya.

Tak hanya banyak promo, tapi pameran Halal Fair juga menampilkan banyak fakta menarik lainnya. - (Gambar Pribadi)

Untuk itu, dalam gelaran Halal Fair - Halal Indonesia International Trade Show (HIITS) ini ada banyak sekali hal menarik yang disuguhkan untuk para pengunjung. Nah, berikut ini ada 9 fakta menarik dalam gelaran Halal Fair 2023 yaitu sebagai berikut:

1. Halal Fair – HIITS 2023 ini diikuti oleh 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri, antara lain dari Malaysia, Palestina, Filipina, Jepang, Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS). Bekerja sama dengan sejumlah aggregator ekspor berpengalaman, event B2B diselenggarakan secara hybrid dalam bentuk rangkaian seminar edukasi bisnis ekspor-impor, workshop, buyers night sampai business matching.

2. Halal Fair – HIITS 2023 untuk suguhan B2C akan diramaikan dengan bazar produk dari berbagai sektor bisnis seperti Food & Beverage (F&B), fashion, travel agent, sekolah dan buku Islam.

3. Halal Fair – HIITS 2023 menjadi ajang penguatan kapasitas UMKM halal dan peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah. Berbagai acara seperti halal talkshow, halal beauty class, halal food talk, cooking & live baking show, sampai parenting bisa diikuti seluruh pengunjung.

Adapun untuk Halal Talks oleh asatidz hafizhahumullah, akan hadir sejumlah asatidz ternama seperti Ustadz Dr. Khalid Basalamah MA, Dr. Sofyan Siddik Fuad Baswedan MA, Ustadz Dr. Musyaffa Ad Dariny, Ustadz Mufy Hanif Thalib Lc, Ustadz Dr. Zaenal Abidin, LC, MM, Ustadz Dr. Salim Al-Muhdor, Lc, MA, Ustadz Dzulkarnain Muhammad Sanusi, Ustadz Harits Abu Naufal, Ustadz Luthfi Abdul Jabbar, dan Ustadz Abdurrahman Dani.

4. Halal Fair – HIITS 2023 menjadi salah satu wahana edukasi dan rekreasi bagi keluarga muslim. Selama gelaran berlangsung, anak-anak disuguhkan berbagai aktivitas menarik di area halal playpark kids corner serta mengikuti acara story telling anak bersama Kak Yogi Triadi (praktisi pendidikan anak) dan Kak Erland Iskandar ST.

5. Tersedia Program Jumat Belajar yang merupakan lanjutan dari Tiket Gratis Untuk Guru di hari Jumat. Program ini memberikan kesempatan bagi sekolah yang ingin belajar ke Halal Fair di hari Jumat. Beberapa benefit yang bisa didapatkan di antaranya tiket gratis untuk guru, buy 1 get 1 free tiket untuk pelajar, mendapatkan konten pendidikan bersama peserta Halal Fair dengan menghadiri acara di hari Jumat, dan belajar mengenai bisnis muslim para exhibitor Halal Fair.

6. Ada Giveaway Hotel untuk Pengunjung. Bagi pengunjung Halal Fair – HIITS 2023 yang beruntung akan mendapatkan kesempatan menginap di hotel selama 1 malam yang disponsori oleh brand Atelier Angelina. Sehingga pengunjung tidak capek bolak balik, hemat ongkos, mental terjaga dan pikiran tenang. Untuk syarat dan ketentuannya akan diumumkan di IG @halalfair.id.

7. Terdapat Program inspiratif kepedulian lingkungan Cleancycle Initiatives: Pengelolaan Sampah Terpadu Halal Fair. Sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak event yang dilaksanakan, Halal Fair bekerjasama dengan T.CARE sebagai partner pengelola dalam pengelolaan sampah organik (Rumah Maggot), pengelolaan sampah anorganik (pengumpulan dan pemilahan), dan pengumpulan minyak jelantah atau minyak bekas yang diambil dari peserta kuliner Halal Fair.

8. Selama event berlangsung, Halal Fair juga menyediakan pilihan donasi untuk Palestina di link pembelian tiket online, sehingga sangat memudahkan bagi kita yang ingin membantu saudara-saudara kita di Palestina.

9. Dekorasi interior pemeran yang memberikan vibes berkesan kepada pengunjung, yaitu dihadirkannya seni instalasi yang menggunakan bahan kain sebagai simbolisasi kemajuan industri fashion muslim saat ini. Bahan kain yang digunakan berasal dari brand fashion yang menjadi exhibitor. Rancangan instalasi kain bertajuk Pendar ini ini akan dipasang di prefunction 3- 3A, dan Theater 1. Tentunya, kesempatan yang menarik bagi pengunjung yang ingin mengabadikan foto saat berkunjung ke Halal Fair.

Selain itu, gelaran Halal Fair ini pun banyak berikan promo dan diskon menarik bagi para pengguna Bank Jago Syariah, baik dalam pembelian tiket hingga belanja pada pameran tersebut. Sebab, dalam kesempatan event kali ini, Wahyu Promo Citra berkolaborasi dengan Jago Syariah sebagai partner sponsor yang selama ini komit mendukung perkembangan industri Halal di Indonesia.

Selama event berlangsung, Jago Syariah siap memberikan banyak keuntungan bagi para nasabah diantaranya, tiket gratis bagi nasabah baru dan bonus rezeki bagi nasabah yang bertransaksi menggunakan QRIS Jago Syariah pada UMKM (merchant) tertentu.

“Dengan mengadopsi teknologi terkini, Bank Jago memiliki tujuan besar untuk memajukan ekonomi dan industri keuangan syariah. Kami berharap kegiatan Halal Fair dapat membantu meningkatkan literasi keuangan syariah dan mendorong konsumsi produk halal lokal, khususnya pada masyarakat Indonesia,” ujar Bapak Agung Lesmana selaku Head of Sharia PT Bank Jago Tbk.

Untuk masyarakat umum yang ingin berkunjung ke pameran Halal Fair 2023 ini maka bisa membeli tiketnya secara online ataupun on the spot di lokasi. Setiap pengunjung dikenakan biaya tiket masuk mulai dari Rp. 25 ribu, atau dengan bundling 3 day pass sebesar Rp. 60 ribu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image