Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dinda Malita

Kondisi Cuaca

Eduaksi | Friday, 08 Dec 2023, 16:32 WIB
https://jakarta.bisnis.com/read/20230616/77/1666060/cuaca-hari-ini-16-juni-jakarta-berawan

Penulis : Abcddinda

Cuaca adalah suatu kondisi udara pada atmosfer di suatu tempat dan waktu tertentu, yang sifatnya tidak menentu atau dapat berubah-ubah. Cuaca sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup dibumi. Perubahan cuaca sangat mempengaruhi aktivitas manusia. Adapun kondisi cuaca yang sangat mempengaruhi perasaan dan aktiviatas manusia, yaitu cuaca buruk dan cuaca bagus.

Dalam hal ini penulis akan mencoba mengklasifikasikan terkait dengan beberapa cuaca yang sering terjadi, terlebih khusus di negara argaris seperti Indonesia. Cuaca buruk yang berupa angin topan,angin tornado,hujan badai yang biasa membuat kerusakan di muka bumi. Sedangkan cuaca yang bagus,berupa cuaca cerah yang dapat dilihat dari kondisi langit yang cerah dan udara yang stabil,sehingga tidak membuat kerusakan dimuka bumi dan tidak mengganggu aktivitas manusia.

Kondisi Cuaca biasanya diperhatikan dengan adanya faktor-faktor cuaca yaitu kondisi suhu,kelembapan udara, awan dan kecepatan angin pada suatu tempat yang berbeda-beda. Perubahan cuaca dapat dianalisis dengan waktu, cuaca juga bisa berubah secara singkat. Waktu yang singkat bisa dianalisis dengan menggunakan unsur-unsur cuaca seperti hal nya alat pendeteksi cuaca yang digunakan oleh BMKG seperti termometer konvensional (termometer maksimum, termometer minimum, termometer bola kering dan termometer bola basah) dan termometer digital serta barometer digital.

Adapun macam-macam cuaca pada muka bumi, yaitu cuaca panas, cuaca hujan, cuaca berawan, cuaca cerah, dan cuaca dingin.

  • Cuaca panas adalah meningkatnya suhu pada waktu dan tempat tertentu. Cuaca ini disebabkan oleh beberapa faktor dan yang terutama merupakan pancaran sinar matahari yang sangat terik, sehingga membuat suhu udara meningkat.
  • Cuaca hujan adalah kondisi atmosfer yang memproduksi air dan jatuh ke bumi dengan bentuk butiran-butiran kecil. Cuaca ini biasanya memunculkan beberapa tanda-tanda yaitu kondisi awan yang gelap yang mulai menutup langit dan terdengar suara petir. Pada curah hujan sudah mulai turun, terjadi penurunan suhu sehingga udara menjadi dingin.
  • Cuaca berawan adalah kondisi adanya awan yang sangat dan menutupi langit. Pada saat itu matahari juga tertutup oleh awan-awan yang tebal, sehingga udara terasa lebuih sejuk dan suasana menjadi gelap.
  • Cuaca dingin adalah kondisi suhu udara lebih rendah dan kelembapan udara yang meningkat dan angin bertiup lebih kencang. Cuaca ini juga biasanya terjadi ketika musim hujan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image