Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Pilih Mana, Sikat Gigi Menggunakan Odol atau tanpa Odol Sama Sekali?

Gaya Hidup | Friday, 08 Dec 2023, 10:26 WIB
Minimal dua kali sehari kita harus menyikat gigi. Foto: theorthodontists.com.au.

MEMBERSIHKAN gigi dengan cara menyikatnya perlu kita lakukan. Minimal dua kali sehari, dengan lama sekitar dua menit.

Selama ini banyak dari kita terbiasa menyikat gigi menggunakan pasta gigi atau odol.

Saat kita berpergian untuk menginap di tempat lain beberapa waktu lamanya, salah satu barang yang wajib dalam daftar bawa adalah odol.

Tapi, sesungguhnya kita mungkin saja tak perlu odol untuk menyikat gigi. Artinya, saat membersihkan gigi, hanya menggunakan sikat gigi saja, tanpa dibubuhi pasta gigi sama sekali.

Fungsi utama menyikat gigi sendiri adalah untuk menghilangkan plak, terlepas mau menggunakan odol atau tanpa odol sama sekali.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di International Journal of Dental Hygiene, dengan menyikat gigi selama dua menit, level plak dapat berkurang sekitar 57% atau lebih.

Sementara itu, dalam uji coba enam bulan yang diterbitkan dalam Journal of American Dental Association, beberapa waktu silam, responden yang pertama kali menyikat gigi dengan sikat gigi yang tidak mengandung pasta gigi (dan kemudian dengan pasta gigi sesudahnya) mengalami penurunan 63% dalam penumpukan plak.

Plak gigi adalah biofilm bakteri dan gula yang lengket dan tidak berwarna yang terus-menerus terbentuk pada gigi kita.

Plak gigi bersifat asam, dan dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Plak juga dapat mengiritasi gusi, menyebabkan radang gusi (gusi merah, bengkak, berdarah), infeksi, dan akhirnya gigi tanggal.

Jika kita tidak secara konsisten menghilangkan plak dari gigi, plak dapat mengeras menjadi karang gigi, yang akhirnya menyediakan lingkungan sempurna bagi koloni bakteri untuk tumbuh di bawah gusi dan gigi kita.

Salah satu cara terbaik untuk mengontrol plak adalah menyikat gigi — baik itu menggunakan odol atau tanpa odol sama sekali.

Nah, Anda mau pilih yang mana?***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image