Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Larangan Mendoakan Keburukan untuk Anak!

Agama | Thursday, 07 Dec 2023, 15:37 WIB
sumber: freepik.com

Anak saleh adalah buah dari doa kebaikan dan kesabaran ayah dan ibunya. Maka dari itu, terlarang bagi orang tua untuk mendoakan kejelekan atau keburukan bagi anaknya dalam situasi dan kondisi apapun. Rasulullah SAW pernah mengingatkan para orang tua untuk tidak mendoakan keburukan atas anak-anaknya karena boleh jadi saat itu bertepatan dengan waktu diijabahnya doa (HR. Muslim).

Jika harus marah kepada anak, marahlah dengan kata-kata yang baik. Orang tua lebih baik diam daripada mengatakan keburukan. Sesungguhnya, perkataan orang tua adalah doa yang tidak akan meleset. (HR. Ibnu Majah)

Mengapa orang tua dilarang mendoakan keburukan?

1. Doa orang tua adalah mustajab

Orang tua perlu tahu bahwa doa mereka adalah mustajab untuk anak-anaknya. Karena itu orang tua perlu berhati-hati dalam berucap apalagi berdoa untuk anaknya. Dengan doa tersebut bisa berdampak signifikan terhadap kehidupan serta kepribadian anak-anak.

Dalam hadist disebutkan, Rasulullah SAW bersabda, “Ada tiga doa yang mustajab tanpa diragukan lagi: [1] doa orang yang terzalimi [2] doa orang yang sedang safar [3] doa orang tua kepada anaknya” (HR. At Tirmidzi)

2. Islam mengajarkan agar saling mengasihi

Antara satu manusia dengan yang lainnya harus saling mengasihi. Apalagi anak-anak yang notabennya sangat butuh kasih sayang, tentu harus mendapatkan perhatian, kasih sayang, dukungan dan doa dari orang tua. Wahai bapak ibu, mari terus berikan kasih sayang kepada putra putri kita!

3. Doa orang tua menjadi wasilah agar anak selamat dunia akhirat

Orang tua yang mendoakan anak-anaknya tentu akan mempermudah jalan dan pencapaian keberkahan bagi anaknya. Mereka yang berdoa untuk anaknya, tentu akan membawa pengaruh positif dan dorongan agar anak-anak berhasil dan selamat dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhiratnya.

4. Mendoakan anak adalah bagian dari tanggung jawab

Orang tua bertugas dan mengemban amanah dalam mendidik anak-anaknya. Termasuk di dalamnya yaitu mendidik putra-putrinya agar menjadi anak yang soleh. Orang tua bukan hanya cukup mendorong anaknya agar tumbuh menjadi manusia cerdas dan sukses, tapi juga perlu didoakan agar memiliki akhlak dan kepribadian yang baik.

Penting bagi para orang tua, baik bapak atau pun ibu untuk senantiasa mendoakan yang terbaik bagi anak-anaknya. Karena anak-anak lah yang kelak melanjutkan peradaban di masa mendatang. Mereka tidak hanya perlu dibekali dengan pendidikan, kesehatan dan kemandirian, tapi juga perlu didukung dengan doa-doa keselamatan, kebaikan dan kelancaran dalam setiap urusannya. Tidak ada yang sulit dalam mendoakan anak, karena mereka jugalah yang kelak akan mendoakan kita di masa tua. Mari jadi teladan penuh cinta bagi anak-anak agar mereka tahu betapa hangat dan pentingnya kasih sayang serta doa tulus dari bapak ibunya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image