Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Iran Sukses Luncurkan Kapsul Biologis ke Luar Angkasa

Info Terkini | Thursday, 07 Dec 2023, 14:01 WIB
Sebuah roket diluncurkan dengan membawa kapsul yang berisi hewan-hewan di dalamnya menuju orbit Bumi dari sebuah lokasi yang dirahasiakan di Iran, Rabu (6/12/2023). Foto: Kementerian Pertahanan Iran/EPA-EFE via UPI.

IRAN berada selangkah lebih dekat untuk mengirimkan manusia ke luar angkasa. Badan Antariksa Iran mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil meluncurkan kapsul biologis dengan membawa hewan di dalamnya, Rabu [6/12/2023].

Para pejabat Badan Antariksa Iran mengatakan kapsul tersebut dikirim sejauh 80 mil ke luar angkasa dengan menggunakan roket Salman buatan Iran yang dimaksudkan untuk menguji teknologi sistem peluncuran, pemulihan, dan kontrol kecepatan, serta perisai benturan, desain aerodinamis, sistem kontrol, dan pemantauan biologis kapsul. Demikian dilaporkan kantor berita pemerintah Iran, PressTV.

"Kapsul ini adalah hasil dari ketergantungan pada kekuatan domestik dan upaya para ahli industri antariksa di Kementerian Pertahanan," kata juru bicara Badan Antariksa Iran, Hossein Dalirian.

Dalirian menambahkan bahwa peluncuran ini menandai uji coba pertama untuk beberapa sistem bio-kapsul dan bahwa versi pertama dari peluncur tersebut berkinerja sangat baik.

Menurut Badan Antariksa Iran, kapsul biologis seberat 1.100 pon tersebut merupakan kapsul biologis terberat yang pernah berhasil diluncurkan ke orbit oleh Iran. Namun,

Badan Antariksa Iran tidak mengungkapkan hewan apa saja yang diangkut dalam kapsul tersebut.

Iran mulai menjajaki peluncuran hewan ke luar angkasa sejak pertengahan tahun 2000-an dan melakukan peluncuran pertama yang sukses pada tahun 2010.

Saat itu, Badan Antariksa menyatakan bahwa mereka berhasil mengirim dua ekor monyet ke luar angkasa dan membawa mereka kembali pada tahun 2013.

Menteri Telekomunikasi Iran, Issa Zarepour, mengatakan bahwa meskipun kapsul yang diluncurkan Rabu kemarin itu dapat membawa manusia ke luar angkasa, pengujian masih akan terus dilakukan.

"Perlu diingat bahwa kita masih lima sampai enam tahun lagi untuk mencapai titik di mana kita bisa mengirim manusia ke luar angkasa," kata Zarepour, seperti dikutip United Press International.

Iran berusaha untuk bergabung dalam barisan negara yang telah mengirimkan manusia ke luar angkasa, seperti Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok.***

Sumber: United Press International

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image